Edisi 15-04-2019
Tingkatkan Daya Saing Pelayaran, Kemenhub Berdayakan Masyarakat


JAKARTA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mening katkan keterampilan masyarakat melalui pemberdayaan di sektor pelayaran dalam kompetensi dan daya saing.

Menteri Perhubungan (Men hub) Budi Karya Sumadi me nga - takan, masyarakat yang bekerja di sektor pelayaran ma sih minim kompetensi sehingga diperlukan pendidikan dan pelatihan agar tersert ifikasi serta menda - pat kan tem pat di masyarakat. “Makanya, masyarakat itu kita didik melalui sekolah-se - kolah yang ada di Kemenhub da lam bentuk pendidikan dan la tihan. Mereka yang ikut pen - di dikan dan latihan akan me - miliki keterampilan ter se r ti fi - kasi sehingga bisa terserap di dunia kerja,” ujar Menteri Per - hubungan Budi Karya Sumadi seusai membuka Diklat Pem - berdayaan Masyarakat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Il - mu Pelayaran (BP2IP) Tan ge - rang, Banten, kemarin.

Selain meningkatkan ke te - ram pilan masyarakat di sektor pe layaran laut, Kemenhub ju - ga akan terus membuka ke - sem patan di sektor lain, se - perti di Direktorat Per hu bu ng - an Darat, Direktorat Per hu bu - ng an Udara, Direktorat Per ke - re taapian, serta Direktorat Perhubungan Laut. Peningkatan keterampilan tersebut terbuka bagi semua lapisan masyarakat. Misalnya yang memiliki keterampilan sebagai tukang las, pe nge mu - di, maupun montir. “Ter ma - suk untuk aviation security di sektor udara. Juga sektor lain yang tujuannya penyerapan tenaga kerja,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Ke men - hub saat ini memiliki 10 se kolah setingkat dengan diploma maupun strata satu. Dari sekolahsekolah itu, se mua akan di li - batkan dalam meningkatkan kompetensi ma syarakat dari berbagai bi dang profesi. Di tempat sama, Menhub memperkenalkan alat mekanis multiguna desa (AMMDes), se - buah produk anak negeri hasil binaan Kementerian Per industrian dan anak usaha PT Astra melalui PT Kreasi Mandiri Win - tor Indonesia. Produk berupa truk mini serbaguna itu me ru - pakan alat untuk meng ako mo - dasi kebutuhan masyarakat di perdesaan dan daerah pesisir. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Per indus trian, Putu Juli Andika menje laskan, truk serbaguna itu mampu mempermudah dis tri - busi tangkapan masyara kat nela yan.

“Truk mini ini didesain di me dan off road dan berbukit mam pu mempermudah distribusi tangkapan nelayan de ng an menciptakan butiran-bu ti ran es untuk ikan segar,” ujar nya. Selain bermanfaat untuk ke - butuhan tangkapan nelayan, AMMDesjugadikembangkanun - tuk mengolah air bersih dan bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan sehari-hari. “Jadi bu kan ha nya bi - sa menciptakan bu tiran es untuk tangkapanikanse gar, na munjuga memiliki fungsilainse pertimeng - olah air biasa atau air ko tor men - jadi air bersih,” ung kap nya.

Ichsan amin