Edisi 15-04-2019
Kemenpar-NTB Pacu Kunjungan Wisata Ramadan


JAKARTA – Jelang datangnya Ramadan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) mempromosikan ajang “Pesona Khazanah Ramadhan Lombok-Sumbawa 2019” untuk menegaskan branding NTB sebagai destinasi wisata halal terbaik.

Baru-baru ini Indonesia di te - tapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia standar Glo - bal Muslim Travel Index (GMTI) 2019 mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia. Sementara berdasarkan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI), Pulau Lom - bok di NTB tahun ini kembali terpilih sebagai destinasi wisata halal terbaik mengungguli 10 destinasi lain di Tanah Air. “NTB adalah salah satu des ti - nasi wisata terbaik bagi wi sa ta - wan muslim yang ingin me la - kukan perjalanan wisata pada bulan puasa, apalagi dengan ada - nya ajang Pesona Khazanah Ramadhan yang digelar pada 8- 25 Mei 2019,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani. Pesona Khazanah Ramadhan merupakan salah satu dari Top 100 Calendar of Event (CoE) pariwisata yang masuk daftar 100 Top Event National.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mu - hammad Faozal me ngatakan kunjungan wisata saat bulan puasa biasanya me nurun. Hal ini diantisipasi de ngan menggelar acara untuk mendongkrak kun - ju ngan wi satawan di bulan suci. Se lain mendatangkan para imam besar dari empat negara Timur Tengah, terdapat serangkaian acara menarik, seperti bazar, great sale, serta diskon 30-40% untuk hotel dan restoran. “Dengan begitu, hotel-ho tel di Lombok dan Sumbawa akan tetap terisi (tamu) selama Ra - ma dan,” ujarnya saat acara CFD PesonaLombok-Sum bawa2019 di Jakarta, kemarin. Menurut dia, okupansi ho tel di NTB agak menurun se jalan pe - nurunan angka wisatawan nusan tara (wisnus) yang dipicu kisruh kenaikan harga tiket pesawat sejak awal tahun.

Ada pun resort masih tertolong oleh kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang relatif stabil. “Oku pa - nsi resort sekarang sekitar 40- 45%, kecuali di kota bisa lebih tinggi karena ba nyak acara rapat dan pertemuan,” ucapnya. Dia menyebut, mahalnya ti - ket pesawat terutama ke bi ja - kan bagasi berbayar berdampak besar, dalam hal ini pe laku usaha kecil dan me ne ngah (UKM)yang mem pro duksi oleh-oleh dan cenderamata paling terpukul. Turis cen de rung me ngu ra - ngi pembelian oleh-oleh ka rena enggan memb ayar mahal biaya bagasi. Tahun ini kunjungan wi sa - tawan ke NTB ditargetkan men - capai 4 juta.

Angka ini optimistis bisa dicapai jika melihat upaya pemulihan, pembenahan infrastruktur, dan aksesibilitas pas - ca gempa yang terus dilakukan. Salah satunya Dermaga Gili Trawangan yang dalam proses le - lang dan mulai dibangun per te - ngahan bulan ini.

Inda s