Edisi 15-04-2019
Mencari Keseimbangan


WATFORD–Keseimbangan permainan menjadi sesuatu yang paling dicari Arsenal saat melawan Watford di Vicarage Road pada lanjutan Liga Primer. The Gunnersbertekad memperbaiki catatan buruk kala bermain tandang.

Rapor Arsenal kala tampil di luar Emirates Stadium tidak terlalu meyakinkan. Mereka baru menang lima kali dari 15 laga tandang Liga Primer musim ini. Tiga di antaranya bahkan didapat dari tim pesakitan yang berjuang di zona degradasi, seperti Fulham, Huddersfield Town, dan Cardiff City. Berbeda ketika Arsenal melakoni laga kandang. Sepanjang musim ini mereka baru me nelan satu kekalahan di hadapan pendukung setianya. Kendati demikian, pelatih Unai Emery menganggap rekor kurang me yakin kan di markas lawan tidak memberikan pengaruh berarti bagi timnya.

Emery menilai Arsenal justru mem perlihat kan kemajuan signifikan di bawah ko - mandonya pada musim ini, khususnya se pan - jang 2019. Itu menjadi modal penting meraih kesuksesan hingga kompetisi usai, termasuk saat bentrok Watford, dini hari nanti. “Saya pikir, kami menunjukkan bahwa kami sangat kompetitif dan memiliki men ta li - tas kuat. Secara mental, kami menyadari harus terus ditingkatkan. Saat ini kami berada di posisi bagus di klasemen sementara, kami ber - juang untuk tiket Liga Champions,” ungkap Emery dilansir fourfourtwo .

Pelatih asal Spanyol tersebut juga tidak cemas dengan minimnya kemenangan tan - dang. Emery tetap meyakini armadanya bakal menunjukkan kualitas terbaik di sisa musim ini demi mengamankan tiket Liga Champions. Artinya, dia optimistis Arsenal bakal mampu menjinakkan Watford. Catatan selalu menang dalam dua per - temuan terakhir Liga Primer kontra Watford menjadi bekal utama Arsenal. Artinya, Emery tinggal mencari komposisi tim terbaik. Soalnya, dia tidak bisa memainkan Hector Bellerin, Rob Holding, dan Danny Welbeck yang cedera, serta Sokratis Papastathopoulos terkena skorsing.

“Setiap laga selalu menghadirkan tantangan. Kami memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan performa, meraih tiga poin, dan finish di urutan keempat klasemen Liga Primer. Itu akan menjadi kesuksesan bagi kami. Kami harus memastikan tampil bagus di semua laga sisa,” ucap Emery. Di lain pihak, meski tidak diunggulkan, Watford bakal menjamu Arsenal dengan optimisme tinggi. Tuan rumah punya modal dua kemenangan berturut-turut di semua kompetisi, termasuk saat melaju ke final Piala FA seusai menyingkirkan Wolverhampton Wanderers 3-2, Minggu (7/4).

Terlebih pada pertemuan terakhir di Vicarage Road, 14 Oktober 2017, The Hornets mampu melibas Arsenal 2-1. Karenanya, meski menghormati Emery yang dianggap sebagai sahabat kariernya, pelatih Watford, Javi Gracia, menilai timnya akan melakukan upaya terbaik mengalahkan sang tamu. Menurutnya, laga kontra Arsenal sangat berguna untuk mengukur sejauh mana kua litas amunisinya yang cukup konsisten dengan menempati posisi ke-10 klasemen sementara Liga Primer. Terlebih dengan pulihnya Gerard Deulofeu dari cedera dan siap diturunkan.

“Kami memilih menunjukkan sikap yang sama seperti yang dilakukan sejauh ini. Kami harus meraih tiga poin. Final yang harus kami jalani sekarang adalah melawan Arsenal, bukan Manchester City (Man City). Ini adalah men talitas yang kami miliki. Kami ingin menjaganya hingga akhir musim ini,” kata Gracia.

Alimansyah