Edisi 15-04-2019
Race 1.000 Milik Hamilton


SHANGHAI – Race (balapan) Formula One (F1) ke-1.000 di Sirkuit Shanghai, China, kemarin, menjadi milik Lewis Hamilton.

Pembalap tim Mercedes-AMG itu menjadi yang tercepat setelah melewati rekan setimnya Valtteri Bottas di posisi kedua dan Sebastian Vettel di posisi ketiga. Hamilton tak tersentuh, dia terus memimpin sepanjang balapan. Padahal pembalap asal Inggris itu memulai balapan dari posisi kedua. Hamilton mampu menyalip rekan setimnya Valtteri Bottas yang menduduki pole position. Pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, juga harus menyerahkan posisi ketiga kepada Charles Leclerc ketika balapan dimulai.

Putaran pertama belum usai, balapan harus diintervensi oleh Virtual Safety Car (VSC). Kecelakaan yang melibatkan pembalap Scuderia Toro Rosso Daniil Kvyat dengan duo McLaren-Renault Carlos Sainz dan Lando Norris membuat lintasan dipenuhi serpihan dan harus dibersihkan. Balapan pun kembali dilanjutkan dua putaran kemudian. Vettel mencoba untuk terus mencoba mengejar Leclerc dan mampu merebut kembali posisi ketiga. Tetapi, pembalap asal Jerman itu sempat kehilangan posisinya setelah mengganti ban pada putaran ke-15.

Mercedes memilih bermain aman dan mengamankan dua posisi terdepan. Keadaan itu membuat Bottas mengganti ban pada putaran ke-20 dan Hamilton melakukan hal serupa satu putaran kemudian. Berkat jarak yang jauh, mereka mampu mengganti ban tanpa didahului rivalnya. Sedangkan Leclerc kembali mengganti bannya pada putaran ke-26 sehingga Vettel bisa kembali ke posisi terdepan. Namun, mantan pembalap Red Bull Racing itu kesulitan mengejar duo Mercedes yang memimpin jauh. Hamilton dan Bottas tak mendapat perlawanan berarti sehingga mengendurkan kecepatannya demi menghemat usia ban.

Meski begitu, mereka tetap tak terkejar dan Hamilton memenangkan balapan. “Ini bukan yang paling mudah di akhir pekan, tetapi merupakan hasil fantastis bagi tim. Kami tiba di sini tanpa tahu bagaimana kami akan mengukur melawan Ferrari, mereka sangat cepat di balapan terakhir,” ujar Hamilton dilansir BBC. “Valtteri telah cepat sepanjang akhir pekan dan memiliki satu-dua benarbenar istimewa pada grand prix ke-1.000.

Awal adalah di mana saya bisa membuat perbedaan dan setelah itu sejarah. Sudah sangat dekat di antara kita semua dan saya benar-benar tidak tahu bagaimana balapan berikutnya akan berubah,” kata Hamilton. Sebastian Vettel yang harus rela finis di urutan ketiga merasa kurang puas atas penampilannya. “Saya merasa, saya bisa melaju lebih cepat, tetapi kemudian agak sulit bagi saya menemukan ritme. Saya punya beberapa goyangan di mana saya tidak bisa mempertahankan keuntungan yang saya dapatkan,” tuturnya.

Sementara itu, Charles Leclerc mengaku diperintahkan untuk membiarkan rekan setimnya Sebastian Vettel lewat. “Saya kehilangan banyak waktu, saya tidak tahu apakah Anda ingin tahu atau tidak. Kami (Ferrari) melindungi posisi Vettel,” kata Leclerc.

Sazili mustofa