Edisi 15-04-2019
Juku Eja Siapkan Kejutan di Filipina


MAKASSAR– PSM Makassar bertekad mengamankan tiga angka saat menantang Kaya FC di Panaad Stadium, Rabu (17/4).

Agar tidak kembali kecolongan seperti pada pertemuan pertama, tim Juku Ejasu dah menyiapkan strategi khu sus meredam tim asal Filipina itu. Pelatih PSM Darije Kalezic mengaku telah menganalisis permainan calon lawan pada pertemuan sebelumnya. Berangkat dari di situ, dia berencana menerapkan strategi berbeda pada laga keempat babak penyisihan Grup H AFC Cup. Pada penerapan taktik di beberapa game internal sebelum bertolak ke Filipina, Darije memang menyiapkan strategi agak berbeda. Arsitek asal Bos nia itu cenderung menggu na kan tiga gelandang dengan for masi 4-2-3-1.

Marc Klok dan Rizky Pellu diduetkan untuk me lindungi empat bek di bela kang nya. Sedangkan M Arfan ditempatkan agak sedikit ke depan menempati posisi Wil - jan Pluim untuk menyokong Eero Markkanen yang men - jadi target man. Sementara Pluim digeser ke posisi kanan, tapi bukan sebagai winger. Meski posisinya sedikit agak berubah, pemilik nomor punggung80 ini tetap diplot sebagai pengatur serangan - Juku Eja. Darije mengaku menyiapkan sebuah strategi khu - sus untuk mengejutkan Kaya FC. Namun, dia memilih bungkam saat ditanya soal taktik itu.

“Saya memang mencoba beberapa strategi berbeda untuk diterapkan di Filipina. Kami harus menang di laga ini,” ung - kap Darije di Makassar sebelum bertolak ke Filipina. Selain strategi khusus, pela - tih berusia 49 tahun ini juga merotasi pemain di lini bela - kang. Duet Abdul Rahman dan Munhar akan menjadi andalan di barisan pertahanan. Darije optimistis duet keduanya bisa meredam serangan Kaya FC. “Sejauh ini bagus. Saya punya perasaan yang positif dengan duet ini,” katanya.

Dengan menggunakan strategi berbeda, dia optimistis bisa memberikan kejutan bagi Kaya FC. Apalagi PSM bertekad mencuri poin agar tetap men - jaga asa lolos ke babak selan - jutnya. “Semua orang juga pasti tahu, hasil seperti apa yang kita inginkan di Filipina nanti,” katanya. Sebelumnya, pada perte - mu an pertama, PSM harus mengu bur mimpi meraih poin penuh sekaligus menggeser Kaya FC dari puncak klasemen Grup H. Gol yang disumbangkan striker Aero Markkanen pada menit ke-56 lewat sepakan penalti dibalas Marwin Angeles pada saat injury time.

Barisan perta - hanan Juku Ejakecolongan lewat skema tendangan bebas. Hal ini tidak lepas dari bu - ruk nya konsentrasi pemain ber tahan pada menit-menit akhir pertandingan. Dalam laga itu, bek PSM membiarkan Angeles berdiri bebas di dalam area kotak penalti sehingga dengan mudah menceploskan bola ke gawang Rivki Moko - dompit. Tidak hanya sektor perta - han an, barisan penyerang juga kerap kehilangan ketenangan saat berada di depan gawang sehingga gagal memaksimal - kan peluang. Darije tidak me - nampik jika masalah kon sen - trasi dan ketenangan menjadi alasan pemainnya tak bermain sesuai yang diinginkan.

“Dalam laga nanti, pemain harus bisa menjaga konsentrasi hingga pertandingan berakhir. Kami tidak boleh kehilangan ang ka di Filipina. Menang men - jadi target realistis,” katanya. PSM masih memiliki tiga pertandingan di fase grup. Setelah menantang Kaya FC, tim Juku Ejaakan menjamu Home United dan bertandang ke markas Lao Toyota. Untuk memastikan satu tempat di semifinal zona ASEAN, PSM harus keluar sebagai juara grup atau menjaga peluang lewat po - sisi runner-upterbaik.

Saat ini PSM menem pati - runner-upGrup H di bawah Ka - ya FC dengan perolehan angka identik, yakni lima poin. Kendati begitu, tim Juku Ejakalah produktivitas gol. Jika mengacu pada dua grup yang dihuni tim-tim ASEAN, Mark Klok dkk masih menempati posisi runnerupterbaik pertama.

Muhaimin




Berita Lainnya...