Edisi 15-04-2019
Menanti Elemen Kejutan IIMS 2019


INDONESIAInternational Motor Show (IIMS) 2019 berupaya menggoda konsumen Indonesia dengan beberapa elemen kejutan. Apa saja kejutan yang mereka siapkan di pameran automotif yang akan digelar pada akhir April ini?

Sejak 2015, IIMS berupaya menjadi pameran automotif yang berbeda. Pameran ini tidak hanya menghadirkan mobil dan motor baru sebagai daya tarik, tetapi juga pengalaman lain yang dapat dinikmati pengunjung. Begitu berpisah dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), IIMS memang sadar jika mengandalkan agen pemegang merek (APM) yang tergabung di Gaikindo adalah keniscayaan. Beberapa merek memang kerap bergabung, tetapi tidak all-out , seperti saat mereka ikut serta di pameran automotif yang diusung Gaikindo. Tidak mengherankan jika IIMS selalu berupaya memberikan kejutan guna tetap menarik perhatian masyarakat.

Pada 2015, IIMS menghadirkan Center Piece of Carnie, di mana lapangan utama JIEXpo disulap menjadi sebuah kota, tempat berbagai parade mobil dan motor kerap ditampilkan di sana. Kejutan lainnya terasa pada IIMS 2017, di mana IIMS mencoba membuat tempat khusus buat industri pendukung automotif yang dinamakan Pahami Village. Tempat ini membuat berbagai perusahaan industri pendukung automotif tidak merasa dianaktirikan. Perubahan besar terjadi pada IIMS 2018, di mana IIMS mencoba menggabungkan kecanggihan digital dengan pengalaman analog, dimulai dari sistem ticketing canggih, tidak lagi menggunakan tiket fisik.

Tiket IIMS 2018 akan menggunakan sistem Near Field Communications (NFC) yang memudahkan pengunjung dan peserta pameran dengan melalukan tap pada gelang atau ID card di pintu masuk pameran tanpa harus menunjukkan tiket masuk. Seperti perhelatan IIMS 2015, program andalan seperti Center Piece of Carnie dan The Wasteland tetap menjadi jualan. Kini di perhelatan ke-5, IIMS kembali dituntut memberikan kejutan. Saat konferensi pers IIMS 2019 di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis (11/4), Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh bercita-cita IIMS 2019 merupakan awal bentuk penyelenggaraan pameran automotif yang selaras dengan industri 4.0.

“Kami selalu memiliki element of surprise dalam setiap penyelenggaraan IIMS. Begitu pula pada Telkomsel IIMS 2019. Perpaduan antara puluhan merek internasional dengan produk lokal menjadi sebuah titik akumulasi untuk lebih menampilkan produk Indonesia ke hadapan dunia,” kata Hendra Noor Saleh. Kerja sama dengan Telkomsel memang akan dimanfaatkan dengan maksimal oleh IIMS. Center Piece of Carnie tidak hanya dijadikan tempat buat mobil, motor, dan komunitas berparade, tetapi juga layanan digital. Salah satu layanan unggulan yang hadir adalah inovasi internet of things untuk solusi automotif, yaitu Telkomsel FleetSight, yang berguna sebagai layanan pengelolaan armada kendaraan atau fleet management .

Selain itu, pengunjung dapat menikmati berbagai pengalaman digital lifestyle Telkomsel , dari layanan streaming video MAXstream, streaming musik LangitMusik, konten gim Dunia Games, serta iklan digital Telkomsel MyAds. “Kolaborasi dengan IIMS membuktikan bahwa produk dan layanan Telkomsel saat ini sudah menyentuh hingga berbagai lintas industri, termasuk automotif. Kami percaya para konsumen dan pelaku industri automotif, baik individu maupun perusahaan, akan merasakan pengalaman digital yang semakin memudahkan aktivitas mereka dengan manfaat produk dan layanan digital kami,” ujar Vice President Brand and Communications Telkomsel Nirwan Lesmana.

Meski berupaya memberikan nilai tambah di pameran itu, IIMS juga tetap menghadirkan puluhan peserta industri automotif. Brand premium roda empat yang turut melengkapi Telkomsel IIMS 2019 antara lain Audi, BMW, Jeep, Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen. Brand premium ini akan membawa varian terbaiknya dan diyakini memiliki sejumlah penawaran menarik bagi konsumen setianya. Sejumlah ekshibitor lain kendaraan roda empat yang telah menyatakan keikutsertaannya pada Telkomsel IIMS 2019 adalah Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Sementara ekshibitor kendaraan roda dua yang akan memeriahkan Telkomsel IIMS 2018 antara lain Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, dan Vespa. Mereka juga membawa truk berukuran raksasa, yaitu Caterpillar 777E, yang diharapkan mampu memberikan daya tarik seperti saat mereka membawa El Toro Loco di IIMS 2018. Truk Caterpillar 777E ini memiliki panjang 10 meter dan lebar hingga 6 meter dengan kekuatan mesin sebesar 1.004 tenaga kuda. Truk ini akan menjadi ikon tersendiri bagi penyelenggaraan tahun ini, yang dicirikan dengan muatan bahan pertambangan yang akan ditampilkan dalam Telkomsel IIMS Off Highway Truck.

Tidak hanya dipajang, truk ini akan berinteraksi dengan para pengunjung di area outdoor melalui kompetisi foto jump hand dengan berbagai hadiah menarik. Selain itu, Indonesia Boating Gathering juga mengadakan talk show seputar Boating Lifestyle on Opportunity, Indonesias Boat Industry Present and Future, How Regulation Contribute to Lifestyle Boating, dan gathering berbagai komunitas boating pada area Hall B3.

Wahyu sibarani