Edisi 15-04-2019
Pentingnya Menjaga Hidrasi Tubuh


AIR memiliki berbagai manfaat kebaikan untuk kehidupan dan sangat dibutuhkan manusia untuk hidup sehat. Air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, mengingat tubuh terdiri dari 60% air.

Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone- AQUA) dr Tria Rosemiarti menjelaskan pentingnya menjaga pemenuhan hidrasi yang sehat sejak usia dini. “Kurangnya pengetahuan dan kesadaran pentingnya menjaga hidrasi dalam tubuh bisa mengakibatkan gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang,” ucap dr Tria. Dia menuturkan bahwa pemberian edukasi pada anak sejak usia dini tentang manfaat dan kebaikan air serta berperilaku yang baik dan benar untuk pemenuhan hidrasi sehat sangat penting.

“Dengan begitu, pada masa mendatang mereka akan terus melakukan kebiasaan baik ini untuk mengurangi risiko dampak negatif akibat kurangnya pemenuhan hidrasi yang sehat,” ungkap dr Tria. Sementara itu, untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kecukupan hidrasi dalam tubuh dan manfaat air bagi kehidupan, Danone-AQUA meresmikan Zona Kebaikan Air di Lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar, Yogyakarta. Zona tersebut dilengkapi area edukasi Pijar (Pilih, Jaga & Rawat) yang memberikan pengetahuan bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air, area edukasi lapisan tanah, lapisan kedap air dan air tanah dalam, area edukasi sumber air, area gerakan Amir (Ayo Minum Air), edukasi pentingnya menjaga hidrasi dan fungsi mineral dalam tubuh, serta area edukasi #BijakBerplastik yang menjelaskan bagaimana kita dapat mengelola plastik secara bijak.

Marketing Manager PT Tirta Investama (Danone- AQUA) Jeffri Ricardo menjelaskan, berbagai area dalam Zona Kebaikan Air diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak-anak bukan hanya mengenai kebaikan air dan pentingnya pemenuhan hidrasi sehat, melainkan juga mampu memberikan edukasi seputar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah plastik secara bijak. “Taman Pintar sebagai wahana rekreasi edukasi merupakan tempat strategis untuk memberikan edukasi sekaligus mendorong gaya hidup sehat, pemenuhan hidrasi sehat, serta tidak lupa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan kepada anak-anak sejak usia dini,” beber Jeffri.

Dr Tria menambahkan, kolaborasi secara berkelanjutan antara Danone- AQUA dan Taman Pintar terus dilakukan untuk menyediakan zona yang dapat mengedukasi anak-anak dan masyarakat serta mendorong kebiasaan minum air guna membantu meningkatkan taraf kesehatan di Indonesia. Pihaknya juga menyediakan modul-modul tentang program gerakan Amir yang merupakan program kerja sama Indonesia dengan Hydration Working GroupFakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWGFKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-AQUA, yang didukung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Anak membutuhkan enam gelas air dalam seharinya.

Penting diketahui status hidrasi yang sehat pada anak akan membantu mengoptimalkan fungsi kognitif, fungsi memori, dan ketahanan fisik untuk mendukung performa anak di sekolah. Karena itu, pemahaman akan pentingnya status hidrasi pada anak dan isu seputarnya dapat menjadi investasi terbaik untuk generasi yang
lebih sehat,” papar dr Tria.

Iman firmansyah