Edisi 16-04-2019
Ma’ruf Bermain dengan Cucu, Prabowo Hadiri Wisuda UKRI


JAKARTA - Sehari jelang pemungutan suara atau pencoblos an pada 17 April, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin bersama istri, Nyai Wury Estu Handayani menghabiskan waktu dengan kegiatan santai di rumah dan bermain dengan cucu di Taman Kodok, Menteng, Ja karta Pusat, kemarin.

Penampilan Kiai Ma’ruf kali ini terlihat sangat kontras dari kebiasaannya yang selalu me nge - nakan sarung. Mantan rais aam PBNU itu terlihat sangat santai dengan mengenakan kaos, topi, dan sepatu sneakers. Di temani sang istri yang me me gang barbel, Kiai Ma’ruf me naiki sepeda statis sekitar 10 me nit. “Kalau lagi di rumah, pa gi saya sempatkan sepeda statis meskipun sebentar. Setelah itu, biasanya membaca koran. San tai saja. Serius, tapi santai. Ser san,” kata Kiai Maíruf sambil ter senyum. Seusai membaca koran, Abah—sapaan akrab Kiai Ma’ruf—mengajak cucunya, Zai tunah yang berumur 3 ta - hun, bermain di teras rumah, Ja lan Situbondo No 12. Sang cucu yang biasa dipanggil Zaza, merupakan putri dari Siti Ha - niatun Nisa, putri bungsu Kiai Ma’ruf.

“Saya santai sama ke - luar ga, baca koran, olahraga se - pe da statis. Main sama cucu. Ki - ta menikmati suasana te nang,” ungkapnya. Kiai Ma’ruf, Nyai Wury, dan Zaza lantas bermain bola dan me nyusun abjad. “Ini apa?” ta - nya Kiai Ma’ruf sambil menun - juk kan salah satu huruf. Zaza pun beberapa kali ter lihat me - lem par bola berwarna pink ke kakeknya. Terkadang membe - ri kan abjad ke nenek nya. Se lan - jutnya, Abah dan Nyai Wury mengajak Zaza ber se peda ke Taman Kodok yang ber jarak 100 meter dari ke diaman nya. Sementara itu, calon pre si - den (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto kemarin meng - hadiri undangan wisuda Uni - ver sitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bo - gor, Jawa Barat.

Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Re pub lik Indo ne - sia itu juga di be rikan kesem pat - an untuk mem berikan pida to - nya. Di hadapan ratusan wisu - da wan dan wisu da wati, Prabo - wo meminta me re ka agar men - jadi manusia yang bermanfaat serta mengabdi ba gi bangsa dan rakyat Indo nesia. “Saya berpesan kepada se lu - ruh wisudawan dan wisudawati un tuk terus berjuang membela rak yat Indonesia, kalian juga ha - rus bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia. Dengan be gi - tu, Anda bisa menjadi ma nu sia yang terhormat,” pesan Prabowo.

Prabowo juga meminta agar seluruh lulusan UKRI turun ke masyarakat untuk mengabdi dan turut memperbaiki kehi - dup an bangsa dan negara Indo - ne sia. “Lulusan UKRI harus terjun memperbaiki kehidupan bangsa dan negara, kelak kalian juga harus menjadi elite yang selalu membela rakyat Indo ne - sia,” tegasnya.

Abdul rochim/kiswondari