Edisi 16-04-2019
Parlemen Mesir Voting Perubahan Konstitusi


KAIRO - Parlemen Mesir hari ini menggelar voting aman demen konstitusi yang di dalamnya termasuk memperpanjang masa jabatan Presiden Abdel Fattah al-Sisi.

Usulan perubahan konstitusi sebelumnya menyatakan Sisi akan diizinkan memperpanjang dua periode pemerintahan baru setelah masa pemerintahannya seka - rang berakhir pada 2022. Satu periode pemerintahan pun diperpanjang menjadi enam tahun dari saat ini hanya empat tahun. Meski demikian, menurut draf yang diperoleh Reuters, amandemen terbaru dapat mengizinkan Sisi tetap ber - kuasa hingga 2030 dengan mem perpanjang periode ja ba - tannya sekarang hingga dua tahun lagi dan mengizinkan dia maju lagi pada Pemilu 2024. Stasiun televisi melaporkan bahwa komite legislatif par le - men telah menyetujui aman - de men itu dan mereka siap mem bawanya ke parlemen un - tuk voting pada Selasa (15/4).

Ketua Parlemen Mesir Ali Abdelaal menyatakan pe ru - bah an itu sebagai hasil diskusi sipil yang digelar parlemen untuk mendengar berbagai pen dapat tentang usulan aman demen. “Jika disetujui parlemen hari ini, amandemen akan dibawa ke referendum publik yang di per kirakan di ge - lar akhir bulan ini sebelum se - cara sah dapat ber laku,” kata Abdelaal dilansir Reu ters . Saat ini para pendukung Presiden Sisi mendominasi par - lemen dengan total 596 kursi tersebut. Proposal perubahan juga menyerukan pem ben tu - kan Senat yang terdiri atas 180 orang anggota. Usulan aman de - men juga akan memberi pre si - den wewenang baru dalam me - nunjuk para hakim dan jaksa publik.

Amandemen juga termasuk perubahan pasal 200 konstitusi untuk menambah tugas militer melindungi konstitusi dan de - mo krasi serta membangun fon - dasi negara dan sipil. Beberapa pengkritik kha - wa tir perubahan itu akan memberi militer pengaruh lebih besar dalam kehidupan politik di Me sir. Para pen - dukung Sisi menya takan pe ru - bahan itu diperlukan untuk memberinya lebih ba nyak wak tu menyelesaikan se jum - lah proyek pembangunan be - sar dan reformasi ekonomi.?

Syarifudin