Edisi 16-04-2019
Pemprov Banten Alokasikan Jamsosratu Rp87,5 Miliar


PANDEGLANG – Pemprov Ban ten menganggarkan bantuan sosial berupa Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsos ratu) sebesar Rp87,5 miliar pada tahun ini.

Dana itu di aloka sikan untuk 50.000 rumah tang ga sasaran (RTS) yang ter - se bar di delapan kota/ka bupaten. Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, program Jamsosratu bertujuan memberdayakan sekaligus menyejahterakan masyarakat se - hingga angka kemiskinan di Banten bisa ditekan. “Jamsos ratu untuk pendi - dikan keluarga da lam hal ini kebutuhan seko lah anak dan juga bisa untuk kebutuhan kese hatan serta pa ling utama me nye - jahterakan ke luarga,” ujar Andika, kema rin. Dia berpesan kepada Ke - lompok Penerima Manfaat (KPM) Jamsosratu agar meng - gunakan uang bantuan sosial de ngan sebaik-baiknya dan ja - ngan digunakan untuk hal-hal konsumtif.

“Jamsosratu sudah ada sejak 2003 di Provinsi Ban ten. Angka kemiskinannya kira-kira 9,35% dan tahun ini Al ham dulillah, angka kemiskinan di Banten turun drastis menjadi 5,20%, ini sangat luar biasa,” katanya. Dia bersama Gubernur Ban - ten Wahidin Halim saat ini fo - kus menekan angka ke mis kin - an sekaligus meningkatkan ke - sejahteraan masyarakat Ban - ten. Untuk infrastruktur, pi hak - nya juga fokus menye le sai kan jalan yang menjadi tang gung jawab Pemprov Banten. “Insyaallah, dua tahun ke depan selesai,” ucapnya. Selain itu, upaya memi - nimali sasi ketimpangan sosial di delapan kabupaten/kota te - rus dilakukan. “Bagaimana ca - ra nya agar masyarakat bisa se - jahtera, ke miskinan menurun, dan ke timpangan itu bisa me - rata di setiap wilayah,” kata Andika.

Kepala Dinas Sosial Banten Nurhana menyebutkan, pada 2018 anggaran bantuan sosial sebesar Rp57,5 miliar, se dang - kan tahun ini Pemprov Banten mengalokasikan Rp90,9 miliar atau mengalami peningkatan se kitar Rp33,3 miliar atau 37%, khusus untuk anggaran Jam - sos ratu pada 2019 sebesar Rp87,5 miliar. “Masing-masing KPM Jam - sos ratu akan menerima Rp1.750.000 per tahun. Pem - ba giannya dilakukan dua ta - hap. Tahap pertama Rp1.000.000 dan tahap kedua Rp750.000. Penyaluran tahap 1 gelombang ke-1 untuk Ka - bupaten Pande glang sebesar Rp7,7 miliar un tuk 7.754 KPM,” ujar Nurhana. Sementara itu, penyaluran bantuan tahap pertama ge lom - bang ke-2 akan dilaksanakan da lam waktu dekat hingga sel u - ruh RTS menerima bantuan.

Teguh mahardika