Edisi 16-04-2019
Polisi Tangkap Penculik Balita


BEKASI–Anisa Suci Ardiwibowo, balita berusia tiga tahun yang diculik perempuan misterius di Masjid Al-Amin, berhasil ditemukan. Selama diculik, korban dijadikan pengemis oleh tersangka Anggraeni, 55.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, tersangka Ang grae - ni, 55, membawa korban Ani sa se - usai diculik untuk me nge mis di berbagai tempat. “Apa kah pen cu - lik an ini karena fak tor ekonomi lantaran ketika me ngemis pelaku meng gu na kan korban Anisa un - tuk men da patkan rasa iba. Ada - nya anak ke cil, orang-orang akan se ma kin iba dan memberi se de - kah,” tuturnya, kemarin. Selama lima hari, kata Argo, ter sangka membawa korban ke se jumlah tempat, seperti Sta - siun Klender dengan meng gu - na kan angkot dari Bekasi. Ke - mu dian dari stasiun tersebut ter sangka berpindah ke Stasiun Bo gor dan Stasiun Kebayoran Lama.

“Dari Stasiun Bogor, pe - la ku kemudian ke daerah Ci pa - du. Dia berhenti sejenak dan be - sok nya Kamis (11/4) ke Pasar Ke bayoran Lama,” ujar Argo. Setelah itu, bersama kor ban - nya tersangka langsung menuju Masjid Darussalam, Kebayoran La ma. Setelah beristirahat se je - nak, tersangka pindah ke C i le - dug dan menginap di sebuah mas jid. “Hingga akhirnya pe - tugas berhasil menemukan ter - sangka bersama korban di Sta - siun Pasar Senen,” katanya. Berdasarkan catatan ke po li si - an, tersangka berasal dari Yog ya - karta dan diketahui hidup meng - gelandang dengan cara ber pin - dah-pin dah dari masjid ke mas jid. “Iya, berhasil ditemukan ber da - sarkan informasi warga yang me - lihat anaknya bersama ibu-ibu di Stasiun Jatinegara,” kata Aprilina Lestari, orang tua korban.

Tidak hanya di Jatinegara, kata dia, warga juga melihat tersangka dan anaknya diberi makan oleh orang lain di daerah Ke ba yo r an Lama. “Dia waktu awal li hat di Stasiun Jatinegara hanya sepintas saja. Kemudian saat di Ke bayoran Lama dia itu lihat ibu-ibu itu lagi diurus sama war ga, terus minta anterin ke Sta siun Pasar Senen,” katanya. Mendapat kabar dari warga tersebut, Aprilina langsung meng hubungi petugas Polda Me - tro Jaya dan berangkat ke Sta siun Pasar Senen. “Korban di temukan saat polisi hendak sa lat di Masjid At Taufiq di se kitar Stasiun Pasar Senen. Lang s ung ketemu pelaku dan ada anak saya juga. Pelaku di - tang kap, kabarnya ibu itu mau ke Bo gor naik KRL,” ujarnya. Aprilina bersyukur akhirnya anaknya bisa ditemukan. Kon - disi anaknya juga sehat, tidak ditemukan adanya kekerasan fisik.

Terkait kasus ini, dirinya, menyerahkan semua proses kepada pihak kepolisian. Diberitakan sebelumnya, Anisa Suci Ardiwibowo menjadi korban penculikan di Masjid Al- Amin, Kelurahan Bintara Jaya III, Kecamatan Bekasi Barat, Ko - ta Bekasi, Selasa (11/4). Pen cu - likan itu terekam kamera CCTV. Bahkan, penculikan itu ber - langsung cepat dan korban lang - sung dibawa kabur tersangka. Dalam rekaman kamera CCTV yang terpasang di Masjid Al-Amin terlihat seorang pe rem puan meng gunakan ke ru dung me rah hati dan baju biru da tang meng - hampiri anak ter sebut. Awal nya perempuan yang diduga pe laku tersebut meng ajak mengo brol dan mem berikan balita itu ma kan an.

Se be lum akhirnya meng gen dong dan membawanya kabur. Seorang jemaah yang me ru - pa kan mar bot masjid bernama Sutarno sempat me li hat balita tersebut di ba wa ber sama seo - rang wanita pa ruh baya. Na - mun, dia tidak me nya dari kalau wanita itu me ru pa kan penculik.

Abdullah m surjaya