Edisi 16-04-2019
Ada Peluang, Tapi Kecil


BARCELONA– Camp Nou adalah alasan utama Barcelona menghentikan tren negatif mereka di Liga Champions, tiga musim terakhir. Menjamu Manchester United (MU), dini hari nanti, tim berjuluk Blaugrana tersebut didukung pengalaman positif.

Dalam 30 laga beruntun kompetisi Eropa atau dalam enam tahun terakhir, Barca belum terkalahkan di Camp Nou. Mereka sukses me ngan - tongi 27 kemenangan, meng ge - lontorkan 93 gol, dan hanya kebobolan 15 kali. Statistik bagus tersebut jelas menjadi mo dal positif Barca menga lahkan MU sekaligus meng henti - kan rekor buruk di Liga Champions. Dalam tiga musim ter - akhir, klub Katalan tersebut selalu terhenti di perempat final. Faktor Lionel Messi men jadi alasan lain kenapa Barca optimistis.

Meski pada leg per - tama di Old Trafford, Kamis (11/4), tidak berkutik, pe nyerang asal Argentina itu tetap lah berbahaya, apalagi bila ber main di depan pendukung sendiri. Dari 30 laga kandang terakhir Barca di kompetisi Eropa, Messi tampil 26 kali, mencetak 31 gol, dan mem berikan 11 assist ! Kondisi Messi pun lebih bugar lantaran diistirahatkan Pelatih Ernesto Valverde yang merotasi sebagian besar pe ma - in utamanya saat Barca di ta han Huesca 0-0 di Primera Liga, Sabtu (13/4). Messi juga me - miliki rekor bagus saat ber te mu tim Inggris. Khusus meng - hadapi MU, dia men ce tak d ua gol dari empat pertemuan.

Skuad Barca pun lebih ba - gus. Ivan Rakitic telah men ja la - ni sesi latihan bersama bek Ser gi Roberto. Kembalinya Luis Sua - rez, Gerard Pique, dan Mou sa Dembele membuat ke kuat an Barca semakin kom plet. Valverde mengatakan konsentrasi tim sepenuhnya ter tuju kepada MU. Dia meng - anggap kemenangan 1-0 pada leg pertama belum cukup se - hingga menuntut Barca tampil lebih agresif, salah satu caranya memiliki pemain-pemain yang bugar.

“Anda harus memahami tingkat kesulitan dalam sebuah laga. Kami memiliki laga sangat penting melawan MU. Banyak pemain di skuad telah me main - kan banyak laga pada musim ini,” kata Valverde, dilansir football-espana.net . Krusialnya laga kontra The Red Devils turut dirasakan ge - lan dang Arturo Vidal. Dia meng ungkapkan Barca me - mang sengaja tidak terlalu menggebu-gebu menghadapi Huesca karena lebih mem - prioritaskan Liga Champions. “Hasil imbang kontra Huesca sangat adil. Kami tetap kompetitif meski tidak diper - kuat sebagian besar pemain utama. Tujuan kami adalah menjuarai Primera Liga dan kami semakin dekat. Tapi, impian kami adalah menjuarai Liga Champions,” tandasnya.

Ketangguhan Barca di Camp Nou tentu membuat pekerjaan MU semakin berat. Dalam empat kunjungan terakhir, The Red Devils tidak pernah menang (dua imbang, dua kalah). Tapi, apakah peluang Romelu Lu - kaku dkk tertutup? Tentu tidak. Kans pasukan Ole Gunnar Solskjaer memenangkan pertandingan tetap ada, meski dari statistik terbilang kecil. Solskjaer menegaskan kedatangannya bukan sekadar nostalgia keberhasilan meraih Liga Champions 1999. Dia me - nilai keberhasilan me nun duk - kan Juventus dan Paris Saint- Germain (PSG) di kandangnya memberikan harapan MU untuk melakukan hal serupa terhadap Barca. Dia mengatakan, MU telah mengalahkan tim-tim bagus seperti Juve dan PSG di Liga Champions musim ini dan bertanding menghadapi pemain-pemain hebat.

“Apa yang kami lakukan melawan PSG harus menjadi dorongan kepercayaan diri yang besar. Pengalaman itu mungkin yang terbaik yang dimiliki para pemain selama bertahuntahun. Mereka memiliki mimpi tersendiri Camp Nou,” ujarnya. Optimisme juga dirasakan anggota skuad, salah satunya Lukaku. Meski mengakui Barca sangat kuat, bukan berarti MU kehilangan kesempatan. Bom - ber asal Belgia tersebut meng - ungkapkan timnya harus men - jaga konsentrasi dan mencari celah untuk mencetak gol ce pat. Lukaku menganggap ke lengah - an s edikit saja bisa berakibat fatal.

“Kemenangan melawan PSG tentu menebalkan kepercayaan diri. Tapi, lawan kami sekarang adalah Barca. Mereka berada di level teratas sepak bola Eropa. Kami harus meminimalisasi kesalahan dan bermain bagus. Terkadang, Barca memiliki ruang yang bisa kami eksploitasi,” ujarnya.

Alimansyah

Berita Lainnya...