Edisi 16-04-2019
Lihat yang Tersirat


NAOMI Ernawati Lestari MPsi, psikolog dari Klinik LightHOUSE Indonesia, mengatakan, agar komunikasi pria dan wanita berjalan efektif dan dapat menyampaikan maksud yang diinginkan dengan jelas, perlu komunikasi yang juga efektif.

Naomi menyarankan kaum adam mencoba memahami apa yang tersirat dari kata-kata yang diutarakan wanita. Belajarlah untuk tidak melihat segala sesuatu secara harfiah, tetapi juga yang tersirat. Hal ini bisa dilakukan kalau emosi kita sudah terhubung sehingga semakin lama kemampuan kita memahami lebih baik. “Hal yang sulit adalah karena pria diajarkan untuk menarik emosinya dan tidak terlalu memperlihatkannya sehingga memahami emosi orang lain akan sulit bagi mereka. Padahal, perempuan itu berkomunikasi melalui emosi,” papar Naomi.

Ketika sudah bisa belajar arti sebenarnya dari apa yang dikatakan perempuan, kita bisa memulai percakapan yang lebih berarti. “Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan frustrasi dalam menghadapi perempuan,” kata Naomi. Serupa dengan Naomi, psikolog Dr Nikki Martinez PsyD LCPC menyatakan, pria lebih analitik sekaligus pragmatik. Dalam hal ini, pria berasumsi jika kita mengatakan sesuatu kepada mereka, itu berarti kita meminta mereka untuk memperbaiki sesuatu.

“Misalkan, pasangannya bercerita tentang situasi atau seseorang yang membuat mereka frustrasi. Pikiran pria akan langsung mencari kemungkinan yang ada dan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak terpikir dalam benak mereka bahwa terkadang wanita hanya ingin didengar pasangannya,” beber Nikki.

(sri noviarni)