Edisi 16-04-2019
Mengokohkan Pasar Kecantikan di Indonesia


INDONESIAtidak luput dari pengaruh K-beauty. Dengan jumlah penduduk yang cukup besar, Indonesia merupakan pasar potensial bagi Amorepacific.

Karena itu, sejak 2013, Amorepacific mulai melebarkan sayapnya di Indonesia dengan membuka toko Laneige dan Sulwhasoo. Direktur Amorepacific Indonesia Eunsan Jeong mengatakan, tren perawan Indonesia meningkat dengan cepat. Hal inilah yang membuat Amorepacific terus melakukan perluasan merek. “PDP Indonesia meningkat lebih dari 5% karena adanya tren perawatan yang meningkat. Menurut Euromonitor, pasar massal telah tumbuh 15% dan untuk pasar premium tumbuh 10%. Selama lima tahun terakhir, Amorepacific Indonesia telah tumbuh 55%. Kami ingin tumbuh sama seperti tahun sebelumnya,” ungkap Jeong.

Di Indonesia, Amorepacific merupakan lima perusahaan kecantikan teratas di pasar premium. Jeong yakin dengan terus memperluas merek, Amorepacific akan terus tumbuh di Indonesia. “Menurut Euromonitor, pasar kecantikan dan perawatan Indonesia mencapai USD4,4 miliar. Pertumbuhan ini sangat stabil sebagaimana kita lihat sebelumnya. Maka itu, kami peduli dengan pelanggan Indonesia karena potensi pertumbuhan,” ujarnya. “Saya pikir untuk konsumen dewasa lebih fokus pada produk anti-aging dan mencerahkan wajah. Tapi untuk kalangan remaja sering kali mempunyai masalah jerawat dan kulit sensitif. Ini karena cahaya matahari atau polusi di kota-kota besar, apalagi jika mereka menggunakan transportasi umum,” tuturnya.

Saat ini terdapat tiga brand Amorepacific yang telah dipasarkan di Indonesia, yakni Innisfree, Sulwhasoo, dan Laneige. Ketiganya memiliki filosofi dan asa usul yang berbeda-beda. Laneige adalah merek premium yang percaya pada kekuatan air dan menggunakannya sebagai bahan utama. Innisfree adalah merek dengan manfaat alam dari Pulau Jeju yang masih asli. Sementara Sulwhasoo adalah merek kecantikan mewah yang terinspirasi nilai-nilai kearifan Asia. “Untuk Sulwhasoo, produk yang laris di Indonesia adalah First Care Activating Serum EX, Perfecting Cushion EX, Concentrated Ginseng Renewing Cream EX. Produk Laneige yang paling dicari antara lain Laneige BB Cushion, Water Sleeping Mask, Laneige Waterbank Essence. Sementara Innisfree yakni Green Tea Seed Serum, Jeju Super Volcanic Pore Mask,” katanya.

Jeong mengatakan bahwa produk Amorepacific akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen masing-masing wilayah, termasuk Indonesia. “Sertifikasi halal juga berasal dari aspek keagamaan. Kami sedang mengembangkan formula untuk memenuhi standar halal di Indonesia dan Malaysia. Kami berencana memperluas cakupan ini secara bertahap,” ucapnya. Mengenai rencana Amorepacific di Indonesia tahun ini, Jeong menuturkan akan ada brand baru yang masuk pasar, yakni Mamonde. Selain itu, Sulwhasoo akan memperluas layanan toko dan perawatan wajah. “Kami mencoba fokus pada pasar di luar Jakarta dan pasar online,” ujar Jeong.

Menanggapi persaingan di industri kecantikan di Indonesia, Jeong menilai merek lokal ataupun multi - nasional masing-masing memiliki kekuatan. Terkait rencana berkolaborasi dengan desainer, merek, atau artis lokal Indonesia untuk produk Amorepacific, Jeong men ja - wab, hal tersebut sudah di la - ku kan. Salah satunya kerja sa - ma untuk produk Sulwhasoo. “Untuk Sulwhasoo dengan banyak desainer mode, seperti Jeffry Tan, Lotus, Patrick Owen. Laneige dengan Tities Saputra,” ungkapnya.

Dita angga