Edisi 16-04-2019
Raline Shah Jadi Jago Tembak


AKTRIScantik, Raline Shah, kembali mencoba keluar dari genre filmografinya yang selama ini drama. Setelah merealisasikan keinginannya bermain genre komedi lewat film Orang Kaya Baru , kini dia berhasil mewujudkan mimpi lainnya bermain film action.

Masih bekerja sama dengan Screenplay Films, Raline terlibat dalam film berjudul Police Evo . Di film ini dirinya begitu terkuras fisik dengan menjalani serangkaian latihan fisik dan belajar menembak, seperti apa? Raline Shah merasa bangga akhirnya bisa terlibat dalam sebuah film bergenre action . Dia menunjukkan bahwa tak hanya fokus dalam satu genre saja. Dia pun terus mendalami dunia akting dengan memerangkan segala macam karakter dan kali ini memerankan seorang polisi.

“Sangat senang dan bangga bisa main peran dan genre yang baru lagi. Dari dulu me - mang mimpi komedi dan action , Screenplay kasih ke - sem patan saya untuk main itu,” ungkap Raline Shah di sela sela Special Screening film Police Evo di Senayan City, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/3). Kali ini aktris yang menjalani debut karier perannya dalam film layar lebar 5 cm (2012) ini pun kembali menantang dirinya sendiri menerima tawaran film laga perdana yang bertajuk Police Evo . Perannya sebagai Rian, anggota polisi, membuatnya harus bisa menggunakan senjata api dan bela diri. Demi terlihat sebagai polisi profesional, dia pun berlatih bela diri dan menggunakan senjata.

“Proses ini sangat susah untuk saya. Butuh waktu pan - jang bagi saya untuk mem per - siapkan karakter Rian ini, karena selain akting pen da - lam an karakter Rian, saya juga harus mempersiapkan diri dengan menggunakan senjata,” ucap Raline Shah. Berbagai persiapan pun dilakukan wanita berdarah Medan itu untuk perannya tersebut. Menjadi mata-mata kepolisian, Raline diminta menguasai ilmu bela diri serta mahir menggunakan senjata. Menurut aktris kelahiran Jakarta, 4 Maret 1985 ini, proses syuting itu dijalani pada akhir tahun 2017. Demi proses syuting film, dia harus tinggal di Malaysia selama beberapa bulan. Selama di Malaysia, aktris ini dituntut agar mampu memainkan senjata api. Peran Rian itu, kata Raline Shah, menguras pikiran, energi, dan fisiknya.

“Film ini persiapannya paling lama. Saya diberikan waktu dan kesempatan mendalami peran dengan baik, lewat Muscle Art, fitness karena tambah bobot, dan keahlian main senjata, saya lakukan dua minggu itu. Tiap hari, pagi latihan bela diri, siang senjata, dan sore angkat beban dengan diselingi diet, malamnya latihan senapan lagi,” tutur perempuan peraih gelar B.A in Political Science and New Media & Communications (Hons). Selain itu, saat latihan menggunakan senjata, putri pasangan Rahmat Shah dan Roseline itu mengatakan, senjata yang digunakannya merupakan senjata asli. Raline Shah harus berlatih meng gu - nakan pistol Glock 17 asli serta senapan M4. Senapan M4 ini bukan senjata sungguhan.

Tujua nnya berlatih meng gu - na kan senjata api itu agar dirinya terlihat profesional sebagai polisi di Police Evo . “Latihan Ghock asli, belajar reloading hari pertama 150 kali. Seminggu teori, ke - mudian dikasih senapan atau pistol benaran, dan saya juga belajar reloading , pegang, cara memainkannya, kemudian reloading mata ditutup, kemudian latihan menembak selama sebulan,” katanya. Alhasil, seminggu menjelang proses syuting, dia masih belum terbiasa memegang senjata api dan matanya masih berkedip ketika akan menembak sasaran. “Menghilangkan kedap kedipnya itu susah, karena saya memang sudah natural melakukan itu. Tapi tetap tidak bisa,” ucapnya.

Untuk menghilang kedip di matanya, dia harus berlatih seminggu lagi. Setelah itu, baru melatih taktikalnya. Bintang film 99 Cahaya di Langit Eropa, Supernova, Surga yang Tak Dirindukan, Terpana , dan Orang Kaya Baru , ini belajar menggunakan senjata dilatih langsung oleh polisi. “Belajar bagaimana bergerak dan lain-lain. Dari kecil saya memang sudah main senjata dengan ayah saya. Tapi beda banget, karena Rian harus ahli memegang senjata dan pas di lokasi ada beberapa senjata yang dikenalkan dan dicoba. Karena Rian ambil senjata dari polisi yang sudah tewas,” ungkapnya Film Police Evo mencerita - kan kisah Rian (Raline Shah) yang sedang melakukan pe - nya maran dalam misi khusus pem berantasan mafia nar - koba dan pemberontak.

Rian bekerja sama dengan Ins pek - tur Khai (Shaheizy Sam) dan Inspektur Sani (Zizan Razak) mengikuti jejak petunjuk kasus ke satu pulau terpencil. Keadaan semakin pelik saat mereka harus berhadapan dengan sekelompok teroris yang menyandera 200 orang di pulau itu. Mereka meminta tebusan pada pemerintah. Lalu, mampukah Rian dan kedua rekannya menuntas - kan misinya sekaligus menyelamatkan penduduk di pulau tersebut? Selain Raline Shah, diperankan pula oleh aktor Tanta Ginting dan Mike Lucock serta aktor asal Malaysia, seperti Zizan Razak, Shaheizy Sam, dan Hasnul Rahmat.

Disutradarai oleh Joel Soh, Kyle Goonting, dan Anwari Ashraf, film ini tayang perdana di Malaysia pada 22 November 2018 dan di Indonesia film bakal diputar 18 April 2019 ini.

Thomasmanggalla