Edisi 16-04-2019
Stiker Pemilu Buatan Komikus Lokal


SELAMA 14-17 April 2019, pengguna Instagram dapat membagikan momen dan cerita mereka mengenai Pemilu 2019 dengan lebih ekspresif dan menyenangkan. Tepatnya, melalui stiker yang didesain oleh dan untuk anak bangsa.

“Sebagai salah satu komunitas pengguna terbesar di Asia-Pasifik, Instagram juga menjadi sarana bagi masyarakat Indonesia untuk berekspresi, berkolaborasi, serta berbagi aspirasi dan opini tentang hal-hal yang mereka pedulikan,” ujar Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia. Stiker spesial pemilu dihadirkan agar bisa membagikan pengalaman dan momen pemilu dengan lebih mudah dan menyenangkan. Adapun untuk stiker pemilu yang pertama di Indonesia ini, Instagram berkolaborasi dengan komikus Indonesia muda ternama, Reza Mustar atau yang lebih dikenal sebagai @komikazer. Sebagai komikus, @komikazer aktif menggunakan Instagram sebagai media untuk membagikan karya dan aspirasinya terhadap isu-isu sosial.

“Saya ingin membuat perubahan melalui karya seni di Instagram, terutama mendorong anak muda menggunakan hak pilih mereka di 17 April nanti,” ujar Reza. Reza membuat tiga pilihan desain stiker sebagai cerminan aspirasinya, yaitu Saya Pilih Indonesia, Suara Indonesia, dan Nyoblos Yuk. Saya Pilih Indonesia menjadi undangan untuk anak muda di Indonesia menggunakan hak suaranya. Cara mengakses stiker pemilu relatif mudah. Pertama, buka ikon kamera di aplikasi Instagram untuk membuat Story. Lalu, ambil foto atau video. Ketuk ikon smiley berbentuk kotak di pojok kiri atas Story. Untuk melihat ketiga desain, ketuk tulisan tap for more di bagian atas stiker.

Ruben mengatakan, Instagram juga berkomitmen melindungi integritas pemilu di Instagram dengan meluncurkan serangkaian fitur, seperti meningkatkan transparansi akun dengan fitur ‘About The Account’, memberantas misinformasi, dan meningkatkan kemampuan mendeteksi dan menghapus akun-akun yang tidak autentik di Instagram “Menjaga keamanan komunitas merupakan hal yang sangat penting bagi Instagram. Kami berharap upaya yang kami lakukan ini dapat terus menjadikan Instagram sarana berekspresi dan berbagi aspirasi yang aman dan positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Ruben.

Danang arradian