Edisi 16-04-2019
Tiga Tablet Gaya Baru ala Samsung


KETIKAukuran smartphone semakin membesar, teorinya konsumen tidak lagi tertarik dengan tablet. Namun, Samsung justru berpikiran sebaliknya.

Mereka menganggap pasar tablet masih potensial, dengan syarat harus diberi fitur tertentu untuk membuat tablet tetap relevan bagi konsumen. Ada tiga tablet sekaligus yang diperkenalkan Samsung, yakni Galaxy Tab S5e, Tab A with S Pen, dan Tab A10.1. Masing-masing memiliki keunggulan yang sangat berbeda, juga menargetkan konsumen yang bervariasi, mulai produktivitas, entertainment , hingga pendidikan. Galaxy Tab S5e, misalnya, dirancang untuk produktivitas dan entertainment . Bobotnya tipis dan ringan, tetapi sudah menggunakan layar Super AMOLED.

Sementara Galaxy Tab A10 menggunakan teknologi suara Dual Speaker 3D Dolby Atmos. Nah , Galaxy Tab A with S Pen menghadirkan fiturfitur menarik untuk mendukung kegiatan belajar dan kemudahan mengajar. “Kami akan terus memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar tablet di Indonesia, juga mendekatkan teknologi pada gaya hidup konsumen, termasuk dunia pendidikan,” ungkap Selvia Gofar, Senior Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia. Menurut Selvia, ada tiga hal utama yang menjadi pertimbangan konsumen ketika memilih sebuah tablet, yaitu ukuran, berat tablet, dan kualitas layar.

“Galaxy Tab S5e memiliki bobot ringan, hanya 400 gram. Tab A10 berukuran 10,1 inci dengan teknologi audio terbaik untuk mendukung entertainment pengguna dengan teknologi audio berkualitas 3D Dolby Atmos, hingga Tab A with S Pen berukuran 8-inci dengan screento- body ratio 76,5% yang bisa mendukung dan memudahkan kegiatan belajar,” ujarnya. Saat ini, menurut Selvia, penggunaan tablet lebih banyak digunakan untuk keperluan personal, misalnya menikmati entertainment seperti menonton film, menikmati lagu favorit, hingga bermain gim. Menurut data Global Web Index terkait kebiasaan online pengguna tablet, 54% dari mereka menggunakan perangkat ini untuk menonton video.

Bagi konsumen berkeluarga, tablet menjadi medium pendukung pembelajaran bagi anak-anak mereka dengan pengawasan yang lebih baik dari orang tua. Melalui aplikasi Ruangguru yang terdapat dalam Samsung Galaxy Tab A with S Pen, pengguna dapat mengakses ribuan video pembelajaran yang diajarkan guru-guru terbaik di Indonesia. Siswa dapat mengakses video belajar, latihan soal, dan rangkuman berbentuk infografis dalam misi belajar yang telah dibuat khusus untuk semua pelajaran di semua jenjang, mulai kelas 1 SD-12 SMA, sesuai kurikulum nasional (KTSP, K13, K13 Revisi).

“Melalui kerja sama ini, Ruangguru bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi guru, orang tua, dan anak. Anak dapat merasakan sendiri pengalaman belajar yang berbeda dari Ruangguru,” kata Adilla Inda Diningsih, VP Sales & Marketing, Ruangguru. Galaxy Tab S5e akan dijual dengan harga Rp7.499.000 dan Galaxy Tab A10 dengan varian warna black, silver , dan gold yang dijual seharga Rp4.999.000. Keduanya akan dipasarkan pada akhir April. Sedangkan, Galaxy Tab A with S Pen memiliki varian warna black dan silver . Tab A with S Pen akan mulai dijual 15 April, dengan harga Rp3.999.000.

Pembeli Galaxy Tab A with S Pen akan mendapatkan penawaran terbatas berupa free license dari Ruangguru dan dreambox parental control selama satu bulan.

Danang arradian