Edisi 16-04-2019
2019, LG Fokus di Produk AI dan IoT


PRODUK terbaru PT LG Electronics Indonesia (LG) pada kuartal kedua tahun ini tersebar dari perangkat elektronik rumah tangga hingga pendukung hiburan dalam rumah.

Tetapi garis merahnya, semuanya samasama mengutilisasi internet of things (IoT) dan artificial intelligence (AI) lewat dukungan LG ThinQ. Menurut President Director LG Electronics Indonesia Seungmin Park, fitur tersebut membuat interaksi lebih baik, juga meningkatkan kenyamanan. Menurut Park, LG ThinQ memungkinkan interaksi pengguna dan produk elektronik miliknya melalui aplikasi smartphone , berlangsung lebih dalam dengan akses pada berbagai pengaturan terkait. Di TV, misalnya, keberadaan LG ThinQ meningkatkan kemampuan visual dan audio. NanoCell TV memiliki inovasi panel unik. Meski dikembangkan berbasis LED yang memiliki pencahayaan latar (backlight ), LG berinovasi dengan mengaplikasikan lapisan khusus berdiameter seragam sekitar satu nanometer yang memenuhi panel TV.

Lapisan khusus pada NanoCell TV ini berfungsi menyerap kelebihan pancaran gelombang warna yang membuat TV tidak mampu menghasilkan warna sesuai konten asal. Wujud LG ThinQ pada seri premium TV LG ini hadir melalui pengembangan kecerdasan buatan (AI) dengan dukungan prosesor terbaru bernama α (Alpha) Gen 2. Bedanya ada pada algoritma khusus dengan kemampuan belajar (deep learning ) yang memberi dukungan peningkatan pada sisi visual dan audio untuk menunjang pengalaman sinematik. Dengan sensor khusus, prosesor pun mampu mengukur tingkat pencahayaan ruang sebagai dasar mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail gambar pada bagian yang dibutuhkan.

“Kemampuan ini memastikan mata menangkap berbagai tayangan dengan nyaman pada kondisi pencahayaan yang berubahubah,” ujar Julius, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia. LG juga memperkenalkan varian baru AC Inverter LG Dualcool with Watt Control. Bakal meluncur pada Ramadan, AC inverter dengan serial T12EV4 ini memiliki kapasitas 11.000 British thermal unit /hour (BTU/h). Sengaja disiapkan mengisi ruang kebutuhan AC di antara 1 PK dan 2PK. “Ini merupakan pilihan baru AC inverter hemat listrik bagi kebutuhan ruang lebih besar. Pilihan tepat bagi kebutuhan AC untuk ruangan keluarga, terlebih saat momen Ramadan ini,” ujar Dimas Raditya, Head of Product Marketing RAC LG Electronic Indonesia.

Fitur watt control memberikan penggunanya fleksibilitas pengaturan daya listrik (watt). Sepanjang beroperasi, AC inverter LG ini dapat diatur bekerja dengan 100%, 80%, 60%, hingga hanya 40% kebutuhan listrik seharusnya. Ruang cuci pun tidak luput dari sentuhan LG ThinQ yang mengambil alih mulai fungsi dasar hingga pada kebutuhan perbaikan. Fungsi dasar dimaksudkan untuk mengaktifkan dan mengetahui proses pencucian selesai, dapat dilakukan melalui smartphone dengan keterhubungan Wi - Fi .

Selain itu, pengguna dapat memonitor penggunaan listrik mesin cuci. Fitur Smart Diagnosis di LG ThinQ yang diterapkan pada mesin cuci membuat penggunanya dapat memperoleh bantuan cepat untuk beberapa masalah operasional mesin cuci tanpa perlu lagi menunggu jasa layanan perbaikan. Keberadaan LG ThinQ memastikan mesin cuci LG bakal tetap relevan menghadapi perubahan kebutuhan penggunanya.

Danang arradian