Edisi 18-04-2019
Tunaiku Bisa Diakses lewat Aplikasi


LITERASI keuangan yang baik dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Sayangnya, menurut data Worldbank Financial Index (Findex), persentase masyarakat yang tidak tersentuh bank cukup tinggi, mencapai 51%.

Menurut Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian, kurangnya akses terhadap jasa keuangan membuat masyarakat kurang mampu dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Demikian juga dengan kurangnya pemahaman akan layanan keuangan yang turut berdampak pada ketidakmampuan mereka memanfaatkan peluang yang ada. “Kunci hidup yang lebih sejahtera adalah adanya akses terhadap layanan keuangan dan kemampuan mengelola keuangan. Hal ini dapat menjadi indikator literasi keuangan (melek keuangan) pada masyarakat,” ungkap Vishal. Meski demikian, Vishal menambahkan, memiliki akses keuangan tapi tidak bijak menggunakannya juga dapat mengirim masyarakat dalam masalah keuangan.

“Bahkan, masalah lainnya yang lebih kompleks seperti yang kerap terjadi di masyarakat belakangan ini. Akibatnya, pinjaman yang mereka lakukan tidak efektif dan tidak produktif,” ucapnya. Peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat dalam sektor keuangan adalah dengan memberikan akses yang lebih mudah terhadap layanan keuangan formal. Contohnya, pinjaman melalui lembaga formal yang dapat memberikan suku bunga terjangkau dan proses yang lebih aman. Layanan itu dapat diberikan melalui lembaga perbankan di kantor-kantor cabang atau layanan keuangan lainnya seperti layanan berbasis fintech.

“Tunaiku sebagai produk perbankan dalam bentuk aplikasi mobile apps akan sangat membantu masyarakat yang selama ini belum terjangkau atau memiliki akses terhadap layanan keuangan. Hal ini menunjukkan kontribusi Tunaiku dalam membantu masyarakat memiliki dan meningkatkan akses terhadap layanan keuangan,” paparnya.

Aprilia s andyna