Edisi 14-05-2019
Manfaat Lebih Berpuasa


BERPUASA pada usia lanjut menjadi tantangan tersendiri. Namun faktanya, bukan sekadar memenuhi kewajiban salah satu rukun Islam, berpuasa pun membawa manfaat kesehatan tersendiri bagi lansia yang menjalankan.

Selama tubuh sehat, kondisi fisik stabil, penyakitnya terkontrol, kebutuhan asupan makanan dan cairan terpenuhi, puasa aman dilakukan. Dr Edy Rizal Wahyudi SpPD KGer FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM memaparkan manfaat kesehatan yang didapat lansia berpuasa, yaitu:

-Penelitian yang dilakukan di RSCM terhadap pasien 60 tahun ke atas ditemukan bahwa tidak ada gangguan fungsi ginjal pada pasien selama asupan cairan mencukupi

-Terdapat penurunan kadar trigliserida pada lansia. Studi ini dilakukan pada 40 orang lansia dan 40 orang dewasa muda. Tujuannya untuk mengetahui kadar lemak dalam tubuh responden selama puasa. Hasilnya, responden lansia mengalami penurunan kadar trigliserida, sementara dewasa muda mengalami penurunan kadar kolesterol total.

-Pada pasien lansia yang diabetes, terdapat penurunan kadar gula darah secara bermakna dari pukul 08.00, 11.00, hingga 18.00 pada awal Ramadan.

-Puasa memperlihatkan efek yang baik terhadap fungsi endotel. Ya , selama puasa, fungsi endotel tubuh membaik. Karena itu, lansia dianjurkan puasa untuk menstabilkan trombosit yang sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit.

(sri noviarni)