Edisi 14-05-2019
Mulai Produksi SpotMini pada 2019


BOSTONDynamics mengumumkan bahwa SpotMini akan menjadi produk komersial pertama yang tersedia. Perusahaan tersebut berencana memproduksi sekitar 100 model tahun ini.

Raibert mengatakan bahwa mereka akan memulai produksi pada Juli atau Agustus 2019. Beberapa robot memang sudah selesai dirakit. Tetapi, mereka sedang digunakan untuk pengujian dan perusahaan masih terus melakukan desain ulang. Detail harga akan diumumkan sebelum akhir 2019. Pembaruan di SpotMini sebelum bergerak lebih dekat ke lini produksi termasuk komponen yang dirancang ulang untuk membuatnya lebih andal, kulit yang berfungsi lebih baik untuk melindungi robot jika jatuh, serta dua set kamera di bagian depan dan satu di setiap sisi dan belakang sehingga bisa melihat ke segala arah.

SpotMini juga memiliki lengan (dengan tangan yang sering dikira kepalanya) yang stabil sehingga tetap di tempat yang sama, bahkan ketika bagian robot lainnya bergerak, membuatnya lebih fleksibel untuk aplikasi yang berbeda. Raibert berharap SpotMini menjadi Android robot dengan perangkat lunak navigasi dan developer bisa menulis aplikasi yang dapat berjalan dan berinteraksi dengan kontrol pada robot. SpotMini adalah robot komersial pertama yang akan dirilis Boston Dynamics. Tetapi, jelas robot itu tidak akan menjadi yang terakhir. Saat ini fokus mereka adalah mencari robot Handle beroda untuk kebutuhan logistik.

Dengan menjamurnya e-commerce saat ini, robot logistik adalah yang paling banyak dibutuhkan. Apalagi, Amazon baru-baru ini mengakuisisi startup Kanvas asal Colorado untuk membuat lengan robot di pusat logistik mereka. Boston Dynamics juga melakukan akuisisi awal bulan ini. Akuisisi pertama yang mereka lakukan yakni perusahaan Kinema yang akan membawa sistem visi canggih ke robot mereka.

Danang arradian