Edisi 14-05-2019
Tips Memilih Perangkat Elektronik


RUMAH bukan sekadar tempat tinggal bagi keluarga modern. Mereka lebih cermat dalam mengelola rumah, termasuk menggunakan perangkat elektronik yang efisien.

Pasangan selebritas Riafinola Ifani Sari dan Baldy Mulia Putra, misalnya, menganggap mengelola kebutuhan rumah tangga membutuhkan teamwork yang solid, terlebih dengan tiga anak yang memiliki minat dan kebutuhan yang berbedabeda. Karena itu, penggunaan perangkat elektronik mumpuni pun sangat dibutuhkan. “Kesehatan sangat penting bagi kami. Kuncinya ada pada makanan. Saya percaya asupan bernutrisi turut berperan menjaga mood positif kami dalam menjalankan rutinitas,” ungkap Riafinola yang akrab disapa Nola ini. Baldy juga benar-benar memperhatikan kenyamanan seluruh anggota keluarga di rumah.

“Agar semakin nyaman, saya memasang AC di setiap kamar tidur dan ruang keluarga. Namun, jumlah unit AC yang banyak jelas membutuhkan konsumsi listrik tak sedikit sehingga berimbas pada pembiayaan yang besar,” ujar Baldy. Karena itu, kehadiran AC yang mampu mengurangi pemakaian listrik dapat menjadi nilai lebih. Riafinola dan Baldy pun berbagi tips memilih perangkat elektronik rumah tangga yang tepat:

1. Perhatikan Kebutuhan Keluarga
Kebutuhan sehari-hari beragam karena tiap anggota keluarga memiliki keperluan berbeda-beda, mulai jenis makanan favorit si kecil sampai kebutuhan anak remaja. Perangkat elektronik yang tepat menjadi solusi bagi keluarga modern agar lebih optimal dan nyaman dalam mengelola kebutuhan seharihari.

2. Fungsi dan Gaya Hidup
Saat memilih perangkat elektronik untuk keperluan rumah tangga, Nola dan Baldy mengatakan bahwa perangkat memiliki fungsi sesuai gaya hidup. Misalnya dalam memilih kulkas, pastikan memilih kulkas yang dapat menampung segala bahan makanan yang diperlukan keluarga. Dia mencontohkan kulkas generasi baru Samsung Side by Side RS5000 berteknologi SpaceMax yang memiliki insulasi minimal lebih tipis, yang memberikan kapasitas penyimpanan optimal sebesar 647 liter.

3. Rencanakan Pengelolaan Ruang
Keluarga modern cenderung memilih tinggal di hunian berlokasi strategis, meski menempati tempat dengan luas terbatas. Karena itu, pengelolaan ruang sebaiknya dilakukan sejak awal. Keluarga yang memiliki banyak anak seperti Nola dan Baldy tentu memerlukan jumlah kamar tidur ekstra. Banyaknya kebutuhan AC yang terpasang membuat pemakaian listrik juga meningkat. Dengan memilih AC dengan digital inverter , penggunaan listrik menjadi lebih efisien.

4. Manfaat Lebih
Menurut Nola, ada baiknya memilih perangkat elektronik yang memberikan manfaat lebih dari sekadar fungsi. Selain kompartemen dan rak yang dapat menyimpan makanan, kulkas unggulan juga harus mampu menjaga kesegaran makanan.

Danang arradian