Edisi 14-05-2019
Cara YouTube Indonesia Dukung Kreator


SEJAK 2016, YouTube di Indonesia berupaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kreator YouTube agar bisa sukses. Caranya dengan membuat YouTube Pop-Up Space yang dimulai pada 29 April 2019 dan dijadwalkan akan berlangsung hingga 3 Mei 2019.

Pada kesempatan itu, Chris Schremp, Director of YouTube Global Creator & Artist Development, mengungkapkan perkembangan YouTube di Indonesia yang mengalami kemajuan pesat. Data per Maret 2019, pertumbuhan angka kreator dengan 1 juta subscribers telah mencapai lebih dari 200 channel lokal kreator, lima kali lebih banyak daripada tahun lalu. Lokal kreator dengan 100.000 subscribers meningkat tiga kali dibandingkan tahun lalu. Diketahui, Atta Halilintar dan Ria Ricis adalah dua kreator independen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang mendapatkan Diamond Award dengan total subscribers melampaui 10 juta.

“Selain komunitas kreator YouTube yang kian berkembang pesat dari Sabang sampai Merauke, kami melihat ini seiring jumlah waktu konten yang diunggah di berbagai kanal di YouTube di Indonesia, yang meningkat lebih dari 2X lipat antara 2017 dan 2018,” kata Chris Schremp. “Kami ingin terus konsisten membantu para kreator di Indonesia dan menghadirkan beragam inisiatif yang menunjang perkembangan para kreator,” ungkapnya. Beberapa inisiatif yang kembali hadir tahun ini di antaranya YouTube Next Up dan YouTube Music Sessions. YouTube Pop-Up Space dilengkapi perangkat produksi video profesional. Tahun ini akan ada beragam kolaborasi, salah satu contohnya Aulion & Nessie Judge serta Andmesh dan Astrid Basjar dan Govinda.

Selain itu, YouTube menyediakan beragam workshop dan sesi sharing dengan para pakar. Kelas pelatihan ini disesuaikan dengan fase dan perkembangan setiap kreator. Sementara YouTube NextUp menerima ratusan aplikasi dari seluruh Indonesia dan beragam konten dari konten seputar review, entertainment lokal, DIY, kecantikan, musisi, fitnes s /kesehatan, hingga motovlogger. Ini adalah kedua kalinya NextUp digelar di Indonesia dan 9 dari 12 pemenang berasal dari luar Jakarta, seperti Afdillah Chudiel dari Papua; Rhia Lestari dari Tabalong, Kalimantan Selatan; dan X Radar dari Cirebon.

Danang arradian