Edisi 15-05-2019
Pemprov DKI Bangun Hunian Sementara


JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta segera membangun shelter atau tempat tinggal di atas lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk korban kebakaran di Kampung Bandan, Jakarta Utara.

Lokasi ini merupakan lahan yang diduduki warga secara ilegal kemudian terbakar pada Sabtu (11/5). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, telah berkoordinasi dengan PT KAI untuk membangun hunian se - mentara bagi korban ke ba - karan. “Tadi Direktur Aset PT KAI ikut dalam rapat pimpinan dan kita menyepakati bahwa akan dibangunkan per mu kim - an di sana,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta kemarin. Lahan seluas 1,08 hektare milik PT KAI sebelumnya di ja - dikan tempat tinggal warga se - cara ilegal. Untuk jangka pan - jang akan dibangun rumah su - sun (rusun), namun dia tidak menyebutkan apakah rusun dibangun di area lahan PT KAI atau bukan. “Akan disiapkan shelter , hunian sementara di tem pat itu, sambil pem ba - ngunan dilakukan,” katanya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Per mu - kim an (PRKP) DKI Jakarta Kelik Indriyanto menuturkan, saat ini pihaknya bersama Di - nas Cipta Karya dan Tata Kota tengah mendata korban ke ba - karan sekaligus pengukuran untuk permukiman sementara. Sekitar 230 keluarga di Kam - pung Bandan yang terkena dampak kebakaran. “Bakal di - petakan oleh teman-teman Dinas Cipta Karya, baru kita bisa ada langkah berikutnya,” ujar Kelik. Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau menga ta - kan, sekitar 1.012 warga Kampung Bandan yang terdampak kebakaran. Ribuan warga ter - sebut memiliki KTP DKI.

Bima setiyadi/ yan yusuf


Berita Lainnya...