Edisi 15-05-2019
Tempat Ngabuburit Asyik di Indonesia


Tradisi ngabuburit menjadi aktivitas yang tak bisa dilepaskan di bulan puasa. Sekadar jalan-jalan ke pantai, taman kota atau pusat-pusat kuliner sambil menunggu waktu berbuka menjadi kegiatan asyik dilakukan menjelang waktu berbuka.

Berikut sejumlah tempat di Tanah Air yang terkenal sebagai lokasi ngabuburit.

TAMAN SUROPATI, JAKARTA
Taman Suropati yang berlokasi di kawasan Menteng adalah satu dari sedikit taman Ibu Kota yang kondisinya masih sangat layak untuk dikunjungi. Area taman cukup luas, jalur pejalan kakinya pun tergolong nyaman. Menghabiskan sore di taman ini untuk ngabuburit bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, mulai dari duduk-duduk santai hingga olahraga ringan seperti lari keliling taman

WISATA TAMAN KOTA DI BOGOR
Ada banyak lokasi menarik di Bogor yang bisa dikunjungi sembari ngabuburit. Salah satunya Kebun Raya Bogor, di mana pengunjung bisa berkeliling menikmati kesejukan pepohonan serta memberi makan kawanan rusa. Selain Kebun Raya Bogor, beberapa taman kota mulai dari Taman Kencana, Taman Topi, Taman Corat-Coret, hingga Taman IPB adalah beberapa lokasi ngabuburit asyik.

WISATA KULINER DI BANDUNG
Tak hanya dikenal sebagai surga belanja, Bandung juga dikenal sebagai tempat terbaik berwisata kuliner. Begitu pun saat Ramadan, kawasan Taman Makam Pahlawan maupun Jalan Dipatiukur selalu menjadi pusat keramaian jelang berbuka. Berbagai penjaja makanan kaki lima menawarkan aneka kuliner yang tak hanya murah, tapi juga lezat. Selain itu, warga setempat biasa mengisi waktu ngabuburit dengan bersantai di Alun-alun Kota Bandung.

JALAN PAHLAWAN, SEMARANG
Jalan Pahlawan Kota Semarang setiap sore pada bulan Ramadan selalu ramai oleh warga, terutama kalangan muda-mudi yang ngabuburit.Di sepanjang jalan ini memang cukup banyak pedagang makanan dan minuman yang mangkal dan dijual dengan harga terjangkau. Mulai dari es teh manis, kolak, es buah, es kelapa muda, dan aneka makanan ringan untuk berbuka puasa.

PANTAI LOSARI, MAKASSAR
Pantai Losari menjadi destinasi ngabuburit favorit warga Makassar setiap tahunnya. Sebelum adzan Maghrib berkumandang, warga akan memadati lokasi untuk duduk-duduk santai sambil menikmati matahari yang beranjak terbenam. Semburat jingga dan hembusan angin pantai di sore hari menambah suasana ngabuburit semakin berkesan. Es Pisang Ijo menjadi andalan untuk berbuka puasa di Pantai Losari.

TEMBOK BERLIN, PAPUA BARAT
Saat puasa, warga Papua Barat bisa ngabuburit ke Tembok Berlin. Tembok fenomenal itu tidak hanya ada di Jerman namun ada juga di Sorong, Papua Barat. Tembok Berlin di timur Indonesia ini bukan tembok yang menjadi pemisah dua negara melainkan tembok batas antara jalan raya dan kawasan pantai. Menjelang waktu berbuka puasa, akan ada banyak penjual takjil yang menggelar dagangan mereka di pinggir jalan.

JELAJAH PERBUKITAN DI DIY
Tak sekadar menghabiskan waktu ngabuburit di kota, warga DIY Yogyakarta bisa menjelajah perbukitan untuk menunggu waktu berbuka. Ada Bukit Bintang dan Spot Riyadi di Prambanan yang kerap ramai selama bulan puasa. Dua tempat tersebut menyuguhkan keindahan pelajar dari ketinggian. Bukit Bintang di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul menyuguhkan hamparan city light Kota Jogja yang memesona.

JAM GADANG, BUKITTINGGI
Jam Gadang yang menjadi ikon Kota Bukittinggi saat Ramadan selalu dipadati warga menjelang waktu berbuka puasa. Saat puas, berbagai hiburan menarik kerap meramaikan kawasan Jam Gadang dan sekitarnya, seperti pertunjukan musik live. Ngabuburit di lokasi ini tak perlu bingung mencari makanan untuk berbuka puasa, sebab di sekitar lokasi banyak pedagang makanan dan minuman.

JEMBATAN SURAMADU, SURABAYA
Selama Ramadan, Jembatan Suramadu diramaikan oleh warga yang menantikan waktu berbuka puasa. Mereka yang datang umumnya hanya untuk duduk-duduk santai sambil berfoto ria di atas jembatan sepanjang 5,4 Km tersebut. Dari jembatan ini, pengunjung bisa menikmati permainan lampu dari Dermaga Ujung, Komplek Armatim, Pantai Kenjeran, dan rumah-rumah penduduk. Di sekitar kawasan Suramadu banyak berdiri warung makan.








Berita Lainnya...