Edisi 15-05-2019
1.336 Penerbangan Tambahan Disiapkan


JAKARTA – Airnav Indonesia menyebut pihak maskapai menyiapkan jadwal penerbangan tambahan (extraflight) pada masa angkutan Lebaran 2019 untuk melayani pemudik saat Lebaran nanti.

Direktur Utama Airnav Indo nesia Novie Riyanto mengatakan ada sekitar 1.366 slot domestik dan 44 penerbangan internasional diminta oleh pihak maskapai penerbangan. Angka permintaan tambahan pe nerbangan ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. “Ada permintaan tambahan penerbangan selama periode Lebaran sebanyak 1.336 slot domestik dan 44 untuk slot internasional. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibanding kan tahun lalu,” ujar Novie di Jakarta kemarin. Menurut Novie, delapan ban dara yang sudah ditetapkan beroperasi 24 jam untuk menghadapi mudik Lebaran. Adapun bandara tersebut yaitu Batam, Denpasar, Halim Perdana ku suma, Soekarno-Hatta, Manado, Makassar, Medan, dan Sura baya.

Sebanyak 3.890 personel diterjunkan untuk menyuk ses kan angkutan Lebaran pener bangan yang tersebar di seluruh ban da - ra. “Kami terus memas ti kan semua fasilitas navigasi ber jalan nor mal dan personel me laksanakan tugas pelayanan de - ngan sebaik mungkin,” kata nya. Novie menuturkan, arus mu dik penerbangan diprediksi terjadi pada 29 Mei dan arus balik pada 9 Juni 2019. Dirinya op timistis selama angkutan Le - baran ini pihaknya mampu me - la yani semuanya. “Puncak arus mudik penerbangan diprediksi terjadi pada 29 Mei dan arus balik pada 9 Juni,” paparnya. Head of Growth Manage ment Traveloka Iko Putera meng ung - kapkan, berdasarkan riset yang dilakukan Traveloka, animo ma - syarakat terhadap mo da trans - portasi pesawat ma sih cu kup ting gi.

Namun, tahun ini per min - taan terhadap moda trans portasi darat meningkat secara sig nifi - kan, yaitu men ca pai hing ga 30% untuk kereta api dan 300% untuk bus antarkota, di ban dingkan de - ngan periode nor mal. Dia menuturkan, memilih moda transportasi bus sebagai kendaraan untuk mudik juga bisa menjadi salah satu solusi, terutama bagi pengguna yang ingin menghemat anggaran. “Dari data kami, dengan menggunakan bus dari kota Ja - karta ke berbagai kota tujuan Pu - lau Jawa, seperti Solo, Yogya karta, Surabaya, dan Malang, peng - guna bisa menghemat ang garan hingga Rp950.000,” tutur dia.

Ichsan amin/okezone