Edisi 15-05-2019
AXA Mandiri Unit Syariah Ajak Nasabah Berwakaf


JAKARTA – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) unit syariah menghadirkan fitur wakaf yang memungkinkan nasabah untuk berwakaf melalui produk asuransi jiwa syariah.

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G Ku - suma mengatakan, saat ini tingkat li te rasi dan pretensi masyarakat ter hadap produk dan layanan keuangan syariah menjadi salah satu isu strategis dalam Road map IKNB Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dari fakta tersebut, AXA Man diri unit syariah ber komit men untuk berperan aktif men dukung pengembangan pasar asuransi jiwa syariah di In do nesia dengan meng ha dir - kan produk yang inovatif dan ama nah. “Kami percaya fitur ter ba ru ini menjadi pilihan yang me narik untuk masya ra - kat. Tidak hanya memberikan manfaat proteksi dan peren ca - naan ke ua ng an sesuai prinsip syariah, namun melalui fitur wakaf, nasabah juga diberi ke - mudahan beramal,” jelas Handojo dalam siaran pers nya, kemarin.

Menurut Handojo, fitur wakaf merupakan fitur yang se - suai dengan Fatwa Dewan Sya - riah Nasional MUI No.106/ DSN-MUI/X/2016 tentang wa kaf Man faat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asu - ran si Jiwa Syariah, yang me ng - atur keten tuan wakaf pada Asuransi Jiwa Syariah bagi ma - sya rakat. Badan Wakaf Indo - ne sia dalam In do nesia Wakaf Summit 2019 men catat po ten - si aset wakaf per tahun men ca - pai Rp2.000 tri liun dengan luas tanah wakaf men capai 420.000 hektare. Ter kait po - tensi wakaf berupa uang tunai, mencapai kisaran Rp188 tri - liun per tahun.

Lebih lanjut Handojo me - nyam paikan, kehadiran fitur Wa kaf selain merupakan wujud nyata komitmen AXA Mandiri unit Syariah dalam mem - bantu nasabah yang ingin men ja lan kan ibadah amal jariah, namun juga sejalan dengan tujuan per usahaan yaitu “Empower all I n do nesians to Live Better Lives”. Hal ini ten - tunya selaras dengan wakaf yang dapat diman faat kan oleh masyarakat umum ter utama bagi masyarakat yang ku rang mampu. “AXA Mandiri unit Syariah ingin berkon tri busi lebih terhadap per tu m buh an industri asuransi jiwa syariah melalui layanan dan pro duk yang memberikan so lusi per - lin dungan di setiap ta hapan kehidupan masyarakat,” lanjut Handojo.

Chief of Sharia AXA Mandiri Srikandi Utami men je las - kan, A XA Mandiri unit Syariah di dukung oleh lembaga wakaf yang tepercaya di Indonesia, yakni Dompet Dhuafa dan Man diri Amal Insani untuk me nge lola dan menyalurkan dana wakaf para nasabah. “Dana Wakaf AXA Mandiri unit Syariah akan dikelola se - cara amanah dan profesional de ngan diawasi oleh Badan Wa - kaf Indonesia untuk mem be ri - kan kepercayaan lebih dan me - mastikan dana yang di wa kaf - kan bermanfaat secara op timal dan berkelanjutan. Me lalui fi - tur Wakaf ini, nasabah memiliki pilihan dalam mem persiapkan keuangan untuk ma sa depan serta men ja lan kan ibadah amal jariyah,” je lasnya.

Menurut Srikandi, keung - gul an dari fitur wakaf AXA Man - diri unit Syariah yakni na sabah berkesempatan untuk men da - pat perlindungan asu ransi dan sekaligus berwakaf sebesar mak simal 45% dari santunan asu ransi serta 30% dari jumlah manfaat investasi nasabah yang d a pat diwakafkan.

Rakhmat baihaqi