Edisi 15-05-2019
Mempercantik Dinding dengan Semen Ekspos


DINDING sebagai area terluas di bagian rumah selalu membuat penghuni rumah sulit menatanya. Padahal, dengan menampilkan sudut apa adanya, bisa saja terlihat lebih menarik.

Memang banyak yang bisa kita terapkan untuk menampilkan kesan segar pada dinding. Salah satu contohnya berkreasi dengan material semen. Warna abu-abu dan ekspresi raw yang natural tentu mampu memberikan pesona desain yang membuat tampilan rumah semakin segar. Arsitek Priandono Nur Hadi mengemukakan, baik desain interior maupun eksterior, kehadiran dinding semen dapat menguatkan kesan berbeda. Desain gradasi yang dihadirkan dari goresan semen mampu menghidupkan suasana dan lebih menonjolkan sisi seni yang kuat. Dengan menghadirkan dinding semen ekspos, tampilan desain yang segar begitu mudah diwujudkan. Karakter semen yang fleksibel menjadikan material ini mampu menyesuaikan dengan desain yang ada.

“Formulasi dinding semen dan desainnya tetap memiliki ruang untuk menghadirkan impresi feminin atau maskulin. Dalam hal ini, pemilihan jenis tekstur dinding semen dan desain menjadi aspek penentu,” kata Priandono. Menghadirkan tampilan segar memang bisa juga diaplikasikan dengan bermacam material. Tetapi, dalam hal ini semen lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan material lain. Salah satunya fleksibilitas material semen yang membuat segala aplikasi begitu praktis dan mudah. “Kesan netral yang didapatkan semen ekspos sekaligus mengadopsi ekspresi alam. Jika dipadukan dengan dekorasi hijau, dapat menghadirkan nuansa alam yang menghasilkan sensasi segar,” beber Priandono. Jika dilihat dari sisi lain, semen ekspos terbukti sangat ekonomis.

Dengan harga terbilang cukup terjangkau, permukaan semen ekspos memiliki banyak potensi. Karena itu, memilih semen ekspos untuk ekspresi material dalam desain adalah pilihan yang bijak. Keunggulan lainnya terletak pada kemampuan semen ekspos untuk tampil lebih elegan dan atraktif dalam komposisi desain. Tampilan segar yang dihasilkan juga tidak bisa dicapai material yang jauh lebih mahal. Ada satu syarat utama yang harus diperhatikan untuk membuat tampilan semen ekspos semakin hidup, yakni lapisan acian harus benar-benar rapi serta memiliki permukaan halus dan rata. “Jika permukaan acian kasar dan tidak rata, tampilan semen ekspos justru terlihat seperti setengah-setengah pengerjaannya sehingga tidak rapi,” tutur salah satu arsitek muda, Rizky Artando.

Hal yang sama juga dikatakan Priandono, penggunaan semen instan yang memiliki warna gradasi putih dapat menjadi pertimbangan. Hal ini bertujuan membuat tampilan akhir lapisan semen ekspos terang. Jika Anda tidak menginginkan pelapis semen berwarna, cara lain untuk menghindari kesan suram dari tampilan semen ekspos yaitu dengan menempatkan jendela pada sisi-sisinya sehingga pada siang hari ruangan tetap terlihat cerah. Dengan desain yang menampilkan ekspresi segar di ruangan, rumah ideal pun bisa diwujudkan dan mampu memberikan sensasi feeling at home yang diharapkan.

Semuanya menjadi praktis dan mudah sehingga kenyamanan ideal pun bukan menjadi impian yang sulit diwujudkan. Manfaatkan semen ekspos dan mengombinasikannya dengan beragam warna adalah formula untuk menghasilkan kualitas desain yang nyaman. Menghadirkan hunian fresh and cozy menjadi sangat mudah dan praktis.

Aprilia s andyna