Edisi 15-05-2019
Desain Ruang Makan yang Menggugah Selera


DESAIN interior memberikan pengaruh besar dalam kehidupan kita. Sebuah desain harus dibuat dengan karakter yang baik agar memberikan pengaruh yang baik pula.

Secara sadar maupun tidak, apa pun yang ada di sekitar kita telah menjalani proses desain. Sebuah desain menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia karena banyak kebiasaan kita yang ditimbulkan dari karya desain. Ruang makan selain sebagai tempat bersantap, juga bisa sebagai tempat berkumpul keluarga. Ruangan hendaknya didesain secara fungsional untuk memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga, sekaligus memberikan ambience yang nyaman sehingga dapat menghabiskan waktu bersama dalam waktu yang lama. Dengan demikian, tidak hanya di restoran Anda mendapatkan ambience yang nyaman saat makan bersama keluarga. “Melalui proses desain yang detail, ruang makan berkonsep natural cocok dipilih untuk menciptakan kesan nyaman,” ujar desain interior Robert Wiesanto.

Natural dan hangat seperti yang ditampilkan dalam desain interior ruang makan. Dengan mengusung tema warna cokelat dan turunannya, tampilan ruang makan bisa terlihat natural dan hangat. Anda bisa menggunakan cokelat yang mendominasi penggunaan furnitur, dipadukan elemen ruangan dinding, lantai, dan plafon menggunakan putih. Hasilnya, furnitur terkesan pop-up dari halaman kertas putih. Komposisi apik bisa diciptakan dari deretan bukaan jendela lebar yang menghadap taman belakang sehingga memberikan asupan cahaya dan udara. Ada baiknya Anda memilih desain furnitur berbentuk simpel supaya memberikan kenyamanan penggunaannya.

Kombinasi desain dan material pada kursi bertujuan menampilkan kesan dinamis dan jauh dari kesan monoton. Sedangkan, perpaduan warna gelap seperti hitam bisa Anda tampilkan pada material kulit sintetis keluar di antara warna-warna yang cenderung kalem. “Desain yang simpel tanpa banyak detail justru menciptakan kesan elegan. Misalnya, desain kursi dengan lapisan upholstery fabric , meja makan kotak dengan kaki-kaki geometrik lurus, pajangan dinding, atau credenza dengan konsep desain senada,” kata Robert. Sebagai elemen dekoratif digunakan lampu gantung berbentuk simpel dengan sentuhan modern. Lampu gantung dikombinasikan dengan hidden lamp yang muncul dari celah drop ceiling.

Untuk menyatukan benang merah dalam tatanan, sentuhan fabric cokelat dipilih untuk gorden dan karpet. Semua ini menciptakan kesan elegan, harmoni, dan selaras sehingga aktivitas saat bersantap semakin menyenangkan. Desain yang baik akan menciptakan lingkungan yang baik pula untuk penghuninya. “Warna dinding di ruang makan pun bisa mengikuti warna furniturnya. Yang harus diperhatikan, hindari penggunaan warna merah dan kuning yang bisa membuat selera makan menurun,” papar Robert.

Aprilia s andyna