Edisi 15-05-2019
Ganti Bungkus Sofa agar Terlihat Baru saat Lebaran


JIKA Anda berencana membeli sofa baru namun harganya terlalu mahal, cukup dengan mengganti pembungkusnya saja, karena ada aneka bahan kain yang bisa dipilih.

Bahan kain lebih kaya akan warna dan motif dan ini menjadikan material tersebut memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan kulit asli dan imitasi. Saat ini tren bahan pelapis sofa mengarah pada permainan warna dan motif sehingga tampil lebih dinamis dan chic . Motif bunga dan damask saat ini sedang banyak digemari dengan tekstur sedikit kasar dengan tampilan yang dove sehingga terkesan lebih kuat dan kokoh. Anda pun dapat memilih warna dan jenis tekstur sesuai kegemaran sehingga tampil lebih hangat dan homey saat Lebaran nanti.

Menurut desainer interior Susan Ochtari Yawhan, saat ini jenis kain apa pun bisa digunakan untuk beragam furnitur. Asal disesuaikan dengan tema atau konsep interior yang diemban di ruang tersebut. Bahan katun, misalnya, merupakan bahan dasar pembuatan baju kini sudah banyak diaplikasikan sebagai bahan slipcover, pelapis sofa, dan sarung bantal. Di pasaran bahan-bahan katun dijual mulai Rp32.500 per meter. Walau katun dapat dikreasikan sebagai pelapis sofa yang murah, tidak ada salahnya kita mengenal berbagai bahan lainnya, karena mungkin saja, bahan berikut ini yang cocok untuk Anda.

“Katun memang selalu dijadikan pilihan ketika ingin mengganti pelapis sofa. Bahan ini terkenal karena kualitasnya yang nyaman, dingin dan juga harganya yang relatif terjangkau. Namun, kekurangan dari bahan ini, yaitu warnanya cepat memudar dan juga mudah sobek karena kerapatan benangnya yang kurang kuat bila dipakai dalam jangka waktu panjang,” sebut Susan. Jadi, sebelum memilih bahan sofa berjenis katun, sebaiknya Anda memilih terlebih dahulu kerapatan benangnya. Apabila benangnya semakin rapat, itu menunjukkan kualitas bahan tersebut semakin baik. “Bahan katun sangat rentan sekali terkena air dan bila perawatannya kurang tepat akan cepat terkena jamur,” kata Susan.

Berbeda jika Anda memilih jenis bahan chenille untuk melapisi sofa, bahannya yang lembut membuat sofa Anda semakin terlihat menawan saat hari istimewa nanti. “Bahan chenille memiliki tekstur yang hampir mirip dengan rajutan, jalinan seratnya lebih rapat sehingga bahan ini lebih kokoh dan tidak mudah sobek,” kata Susan. Untuk membersihkan sofa dengan bahan chenille , ada baiknya Anda menggunakan jasa dry clean profesional untuk membersihkannya agar serat pada bahan ini tidak mudah rusak. Harga untuk bahan chenille pun dibanderol sebesar Rp50.000 per meter. Bila Anda tidak ingin mengganti bahan pelapis sofa, gunakan saja slipcover . Ya, slipcover atau sarung penutup sofa yang berfungsi untuk meremajakan sofa. Penampilan sofa lama yang sudah robek dan terkena noda pun langsung hilang begitu bahan ini diaplikasikan.

“Selain mudah diganti-ganti, pembuatan slipcover pun tidak sulit. Kita tinggal datang ke jasa interior yang memiliki workshop untuk dibuatkan slipcover . Tapi ada syaratnya, rangka sofa harus dalam keadaan baik,” saran Susan. Langkah ketiga, Anda bisa menggunakan table runner . Pada dasarnya table runner berfungsi untuk taplak meja, tapi karena motif dan warnanya yang beragam, Anda pun dapat menggunakannya sebagai penghias sofa. Aplikasikan runner pada sandaran sofa atau pada sandaran tangan.

Aprilia s andyna