Edisi 16-05-2019
Infrastruktur di Jateng Siap Layani Pemudik


SEMARANG – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memprediksi jumlah pe mudik yang masuk wilayah Jawa Tengah pada Lebaran 2019 bisa mencapai 8,4 juta orang.

Jumlah tersebut naik 14-18% dibandingkan arus mudik tahun sebelumnya. Kepala Dishub Provinsi Ja - teng Satriyo Hidayat mema par - kan, dari 8,4 juta pemudik itu, 6,8 juta akan meng gu na kan ja - lur darat, yakni melintas jalan tol sebesar 40%, jalur pan tura 27%, dan sisanya melintas di ja lur se - la tan dan lainnya.

“Ta hun ini di - per kirakan men ca pai 8,4 ju ta pe mudik, naik sekitar 14-18% di bandingkan tahun 2018,” se - but Satriyo da lam dis ku si Prime Topic MNC Trijaya FM Sema - rang bertajuk “Mudik Lancar Aman dan Nya man” di Ho tel Noormans Se ma rang ke ma rin.

Dia mengungkapkan, pe - mu dik yang menggunakan ang kutan udara akan me ne - mui se jumlah kendala karena minim nya jumlah pener bang - an yang ada. Pasalnya, dalam dua bulan ter akhir ini jumlah pener bang an menurun hingga mencapai 12% dibandingkan hari biasa.

“Sekarang jumlah pe nerbangan ber kurang se - hing ga ada penu run an dua bu - lan terakhir men ca pai 12% dari biasanya,” ung kap nya. Satriyo menerangkan bah wa penurunan jumlah pener bang - an akibat masih mahalnya ti ket pe sawat dan biaya pem belian av - tur.

Namun demikian, pi hak nya te tap yakin dengan adanya ke bi - jak an Kemen teri an Perhu bung - an (Kemenhub) yang me nu run - kan tarif batas atas akan mampu mening kat kan minat masyara - kat mudik de ngan pesa wat ter se - but.

“Mudah-mudah an dengan adanya penurunan ta rif atas sebesar 16%, yang tadi nya Rp1 juta bisa Rp850.000 se hingga bisa ter atasi,” harapan nya.

Dinas Perhubungan Jateng juga memastikan bahwa berba - gai infrastruktur baik darat, uda - ra, dan laut telah siap digu na kan untuk kelancaran dan ke sela - matan para pemudik.

Untuk jalur darat, pihaknya akan terus be kerja maksimal apabila terjadi kemacetan pan jang, dan khusus di jalur alter natif saat ini juga telah dilaku kan penam bah an rambu pe nun juk arah.

“Ram burambu su dah siap se mua, yang akan kita tambah ada lah papan pe tunjuk arah di se jumlah jalur al ternatif karena ada jalur-jalur alternatif yang baru,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmadja me nyebutkan pihaknya akan mengerahkan lebih dari 22.000 personel yang dibantu ber bagai ja jaran untuk memas ti kan per - ja lanan dan kese la mat an pemu - dik aman.

“Polda menjamin keamanan dan ke se lamatan. Kami mengimbau pemudik persiapkan diri, ken daraan, kesehatan, dan ke leng kapan agar di tengah jalan tidak ada kendala,” tan das Agus.

ahmad antoni



Berita Lainnya...