Edisi 16-05-2019
Pengguna Internet RI Capai 171 Juta Orang


JAKARTA –Selama tiga tahun terakhir, pengguna internet di Indonesia terus meningkat.

Berdasarkan hasil survei pada 2018, pengguna internet mencapai 171,17 juta orang dari total penduduk Indonesia sebesar 264,16 juta orang.

Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Henri Kasyfi Soemartono mengungkapkan, pertumbuhan pengguna internet ta hun 2017-2018 sebesar 27.916.716 juta pengguna.

“Penetrasi pengguna inter - net ini meningkat sebesar 64,8% jika dibandingkan ta - hun 2017 dan 2016. Penetrasi pengguna internet naik 10,12% dalam setiap tahun - nya.

Kita lakukan survei per wi - layah. Survei ini kita lakukan de ngan skala per provinsi un - tuk mengukurnya,” ung kap - nya dalam peringatan HUT ke- 23 APJII di Jakarta kemarin.

Henri memaparkan bah wa survei penetrasi dan pe rilaku pengguna internet kali ini dilaksanakan terhadap 5.900 sampel dari seluruh po pu lasi seluruh Indonesia. “Baik pe - rangkat komputer hingga mobile.

Tidak ada batasan wak - tu untuk penggunaan in - ternet, parameter urban dan rural. Kalau kita melihat, pene - trasi pengguna di wilayah rural sebesar 74,1% dan urban se be - sar 61,6%,” jelasnya.

Pada 2017, menurut data APJII, 143,26 juta masyarakat Indonesia menjadi pengguna internet. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai 262 juta orang, pe ne - trasi internet pada 2017 men - capai 54,68%.

Tingkat penetrasi ini meningkat jika di ban - dingkan dengan hasil survei yang dilakukan APJII pada 2016, yakni hanya 132,7 juta. Henri mengatakan Pulau Jawa menjadi wilayah Indonesia yang memiliki jumlah pema kai internet paling banyak yakni 55% dari jumlah pengguna.

Sementara Sumatera 21%, wilayah Indonesia bagian timur yakni Sulawesi, Maluku, dan Papua 10%, Kalimantan 9%, dan Nusa Tenggara 5%.

“Se suai dengan jumlah penduduk Jawa yang cukup padat, tentu wajar jika Jawa menjadi wi layah penetrasi paling banyak untuk pengguna internet.”

Ketua Umum APJII Ja - malul Izza mengungkapkan, mo men perayaan ini me ru pa - kan wujud dari rasa syukur APJII sebagai organisasi inter - net terbesar di Indonesia yang masih dan terus memberikan kontribusi bermanfaat, khu - sus nya bagi anggota dan eko - sis tem di industri internet.

“Menginjak usia ke-23 tahun, APJII merasa bersyukur karena telah memberikan man faat bagi anggota dan industri internet Indonesia.

Kedepan, APJII akan terus berkontribusi lebih baik lagi tentunya bagi anggota dan industri,” tambah Izza. Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam sam butannya memberikan selamat kepada APJII yang telah 23 tahun berkontribusi terhadap perkembangan internet di Indonesia.

Dia menambahkan bahwa APJII juga banyak berkon tri busi untuk menaik - kan eko sis tem industri inter - net ter uta ma baik startup maupun e-commerce di Indo - nesia.

Selain itu, APJII juga berkontribusi menyediakan akses internet untuk masyarakat Indonesia serta pengembangan SDM . “Kami mengharapkan adanya industri internet sehat di Indonesia.

Apalagi saat ini ba - nyak konten negatif, por - nografi, hoaks, ujaran ke ben ci - an, radikalisme, terorisme, bully ing , sehingga internet In - do nesia saat ini bisa dianggap se dang dilanda tsunami,” kata - nya.

Karena itu, peran serta ma syarakat internet sangat diperlukan untuk melindungi dari kon ten negatif yang sangat meresahkan masyarakat.

binti mufarida







Berita Lainnya...