Edisi 16-05-2019
Nafsu Belanja


MADRID–Musim depan akan menjadi pertarungan menarik dari sisi rivalitas kompetisi dan persaingan di bursa transfer. Gejala itu sudah diperlihatkan duo Spanyol Real Madrid dan Barcelona. Keduanya terlihat tak bisa menahan nafsu belanja musim depan.

Dua musim terakhir, Barcelona bisa dianggap sendirian dalam perburuan pemain bintang. Mereka beberapa kali memecahkan pembelian transfer pemain dan nyaris tak mendapatkan perlawanan dari Madrid. Los Blancos membuat langkah transfer yang misterius karena hanya membeli para bocah dengan angka yang biasa saja untuk ukuran tim sekelas Madrid. Barcelona merogoh kocek lebih dari 450 juta poundsterling atau sekitar Rp8,3 triliun dalam dua musim terakhir. Angka itu termasuk untuk memecahkan rekor pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool dan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund.

Pada saat bersamaan, Madrid hanya mengeluarkan 182 juta poundsterling atau hanya Rp3,3 triliun dalam dua musim. Pemain termahal mereka adalah Vinicius Junior yang bahkan tidak ada separuh harga Coutinho atau Dembele. Hasilnya, Madrid menjadi tim biasa saja di musim ini. Mereka gagal melewati fase 16 besar Liga Champions, di - sing kirkan Ajax Amsterdam di Stadion Santiago Bernabeu, ter sisih di Copa del Rey, dan ha nya menempati urutan ke - tiga klasemen sementara. Jum lah kekalahan Madrid musim ini mencapai 11 kali sekaligus menjadi kekalahan terbanyak dalam dua dekade terakhir! Sementara 17 ke kalah an di semua kompetisi men jadi yang terburuk di abad ke-21. Blaugrana setidaknya telah memastikan mengunci gelar Primera Liga, mencapai semifinal Liga Champions, dan menyentuh final Copa del Rey.

Tapi, musim depan, se pertinya menjadi kesempatan Madrid membalas Barca di bursa transfer. Ibarat kata, Los Blancos siap membalas pantun Barca yang dilakukan dua musim terakhir. Nama Eden Hazard dan Paul Pogba disebut ada dalam daftar belanja Zinedine Zidane, meski pelatih asal Prancis itu belum memberi konfirmasi. Setiap pelatih dan pencinta sepak bola menyukai pemain bagus. “Dia pemain Manchester United dan saya tidak akan membahas perekrutan pemain dengan Anda,” kata Zidane, di situs resmi klub. Selain dua nama itu, Marca juga menyebut Donny van de Beek, Miralem Pjanic, Christian Eriksen, Rodrygo, dan Luka Jovic. Madrid pun memberi sinyal akan melepas Keylor Navas, Gareth Bale, Jesus Vallejo, Sergio Reguilon.

Sementara Theo Hernandez, Marcos Llorente, Mateo Kovacic, James Rodriguez, Martin Odegaard, dan Oscar Rodriguez besar kemungkinan tak masuk rencana mereka. Masalahnya, Barca se perti - nya tak akan membiarkan Madrid leluasa di transfer. Di tengah kabar rencana ke - pulangan Coutinho ke Liga Primer, pasukan Ernesto Valverde dikabarkan akan menghidupkan klausal trans - fer Antoine Griezmann di Atletico Madrid. Akun Twitter Atletico mengonfirmasi jika Griezmann akan pergi dari Stadion Wanda Metro po li - tano. “Lima tahun yang luar biasa. Terima kasih banyak untuk semuanya. Kalian akan tetap di hatiku,” kata Griezmann, dalam video pendek.

Barca disebut menjadi tujuan Griezmann karena musim lalu pemain asal Prancis itu sudah menolak tawaran dari klub Katalan tersebut. Menurut harian Prancis Le Parisien, banyak pengorbanan dilakukan pemain berusia 28 tahun tersebut agar bisa ke Camp Nou. Pertama, dia rela memotong besaran gajinya. Musim lalu, gaji tahunan Griezmann di angka 23 juta euro. Kedua, Griezmann juga dikabarkan rela membayar klausal pelepasan sebesar 120 juta euro dari kantong pribadi agar bisa membela Blugrana . “Saya tidak takut kehilangan dia. Dia kapten dan apa pun yang terjadi mulai sekarang tidak bergantung kepada kami,” ujar Pelatih Atletico Diego Simeone.

Selain Griezmann, Barca juga dikaitkan dengan kapten tim Ajax Amstredam Matthijs de Ligt. Pejabat Barca sudah bertemu Mino Raiola (agen De Ligt) pada 12 April di Montecarlo. Selain itu, ada juga nama Donny van de Beek dan penjaga gawang Kolombia Wuilker Farinez. Sebelumnya Barca sudah mendapat tanda tangan gelandang muda Ajax Frankie de Jong.
Ma’ruf