Edisi 16-05-2019
Catat Pertumbuhan 20,6% dan Raup Pendapatan Sebesar 4,479 Miliar Euro


JAKARTA –Kinerja yang kuat, positif, dan terus berkembang membawa LaLiga menyentuh angka pertumbuhan tertinggi dalam sejarahnya, 14 Mei 2019.

Demikian laporan yang diberikan saat perwakilan LaLiga Indonesia melakukan persentase di depan wartawan di Jakarta, Selasa (14/5). Berdasarkan laporan ke uangan terbaru sepak bola profesional Spanyol (LaLiga) untuk musim 2017/2018 klub-klub yang ada di bawah naung an LaLiga mencatat pen dapatan sebesar 4,479 miliar euro, tumbuh sebesar 20,6% dari musim sebelumnya. Angka pertumbuhan ta hun - an ini adalah yang terbesar dalam beberapa tahun be la kang an dan memiliki arti penting karena ter - jadi saat LaLiga secara konsisten me nun jukkan pertumbuhan sebesar dua digit.

Hasil kinerja keuangan ini terjadi di tengah siklus tiga tahunan bisnis audio - visual untuk pasar do mes tik sehingga bukan karena pe ngaruh dari peningkatan pen dapatan yang tidak konsisten dengan tahun-tahun se be lum nya. Intinya, LaLiga berhasil men - capai angka-angka ter tinggi da - lam sejarahnya dengan per tum - buhan positif dan kuat di seluruh lini. Ada dua faktor baru yang men dorong per tum buhan ki - nerja LaLiga di musim 2017/18, yaitu pendapatan komersial dan pendapatan dari transfer pe - main. Kedua faktor ini menjadi kontributor yang lebih besar dari pendapatan hak siar dalam per - tumbuhan tahunan LaLiga.

Dalam hal pendapatan ko - mersial (tanpa menyertakan perputaran pendapatan dari iklan), LaLiga mencatat per - tumbuhan tahunan sebesar 34,1%, dengan penghasilan sebesar 838 juta euro. Hal ini menunjukkan bahwa klub-klub Spanyol menjadi semakin menarik bagi para sponsor. Sementara itu, terkait pen - dapatan dari transfer pemain (harga jual), LaLiga mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 104,3%, di mana pendapatan di bagian ini meningkat dua kali lipat dalam periode satu tahun. Pendapatan sebesar 1,018 euro miliar ini memperlihatkan potensi yang besar bagi para klub Spanyol dan akademi sepak bola dalam menciptakan nilai dalam bisnis olahraga.

Selain itu, pemasukan dari bisnis audiovisual klub-klub Spanyol berhasil melewati angka 1,5 euro miliar untuk pertama kali dan akan kembali menjadi pendapatan kunci pada musim 2019/2020 mendatang. Hal ini juga akan didukung siklus bisnis audiovisual yang baru untuk pasar nasional, selain juga ada - nya beberapa perjanjian inter na - sional yang telah ditandatangani. Penting juga untuk dicatat bahwa kontribusi LaLiga 1|2|3 juga semakin meningkat, tidak hanya dalam keseluruhan pen - dapatan LaLiga, namun juga da - lam penghasilan (semua indi ka - tor LaLiga 1|2|3 berada di tingkat positif dan menunjukkan peningkatan) dan peningkatan arus kas serta nilai bisnis.

LaLiga mengalokasikan se ki - tar 2,0% dari omzetnya untuk proyek-proyek tanggung jawab sosial korporat. Jumlah ini secara signifikan lebih tinggi daripada ma yoritas perusahaan dan in - dus tri yang serupa. Se cara ke se luruhan, klub LaLiga men cip ta kan industri sepak bola pro fe sio nal yang meng ha sil kan dampak terhadap Pen dapatan Domestik Bruto (PDB) nasional Spanyol setara dengan 1,37% dan yang secara lang sung maupun tidak langsung mem pekerjakan se ki - tar 185.000 orang (0,98% dari rata-rata populasi pekerja di Spanyol selama setahun terakhir).

Sehubungan dengan hal tersebut, LaLiga menambahkan le bih dari 4 euro miliar yang dikontribusikan kepada kas negara da lam bentuk pajak.

Ma’ruf


Berita Lainnya...