Edisi 16-05-2019
Marquez Terus Mengaspal hingga 14 Tahun Lagi


AALST– Dominasi Marc Marquez di ajang MotoGP tak terbantahkan. Sejak naik ke kelas utama pada 2013 lalu, pembalap Spanyol itu langsung menyabet gelar juara dunia pada debutnya tersebut meski harus bersaing dengan para pembalap senior seperti Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, hingga Valentino Rossi.

Berdasarkan fakta itulah The Baby Alien,julukan Marquez, akan terus mengaspal di kelas utama MotoGP hingga 14 tahun ke depan atau saat usianya 40 tahun. “Mungkin saya bisa ba - lap an sampai usia 40 tahun. Saya akan coba bertahan di Moto - GP sam pai ada orang yang me - nen dang saya dan berkata, ‘Su - dah cukup! Sampai jumpa!” ujar Marquez, dilansir Motorsport. “Jika bisa mempertahankan motivasi, tak cedera, dan mam - pu menjaga kondisi fisik yang sempurna, Anda bisa tetap aktif beraktivitas, mungkin sampai usia 40 tahun. Tapi, bisa saja An - da hilang motivasi hanya dalam beberapa tahun. Sejauh ini, saya tak melihat ‘bahaya’ itu,” ujar jua ra dunia MotoGP 2018 tersebut. Pada MotoGP 2019, Marquez juga menunjukkan jika diri nya masih mampu bersaing di tengah banyaknya pembalap muda yang hadir di kelas utama.

Marquez masih menjadi pe - mun cak klasemen sementara MotoGP 2019 dengan koleksi 70 poin. Menanggapi munculnya para pembalap muda yang ter - lalu cepat naik kelas ke MotoGP, Marquez tak terlalu memper - masalahkan itu. Namun, pem - balap berusia 26 tahun ini men - coba menaruh perhatian pada tren para pembalap saat ini. Mar quez datang ke MotoGP saat masih berusia muda, tepat - nya 20 tahun pada musim 2013. Tapi, kedatangannya ke kelas MotoGP pun tidak semba rang - an.

Walaupun berusia muda, pembalap berjuluk The Baby Alienitu telah mengoleksi gelar juara dunia di Moto2 pada 2012. Marquez menganggap hal itu berisiko. Walau tak terlalu peduli, Marquez memperingat - kan para pembalap yang terlalu dini naik kelas untuk tetap was - pada. Pasalnya, jika tidak cepat beradaptasi, mereka kemung - kinan akan cepat dibuang. “Para pembalap muda tiba di MotoGP pada usia yang sangat muda karena banyak dari mere - ka memiliki bakat yang bagus. Saya pun pindah kelas ketika ma sih muda. Jika ingin naik ke - las, saya harus memenangkan gelar di Moto2,” tutur Marquez.

“Sekarang, banyak pembalap muda yang naik daun dan lang - sung naik ke MotoGP. Itu sesua - tu yang berisiko. Karena, me re - ka yang tidak bisa cepat ber - adap tasi bisa kehilangan tempat duduk mereka,” sebut Marquez. Musim ini, pemba lap rookie - MotoGP 2019 rata-rata masih berusia muda. Fabio Quartararo berusia 20 tahun, diikuti Joan Mir, 21; Francesco Bagnaia, 22; dan Miguel Oliveira, 24. Sementara dari keempatnya yang pernah meraih gelar juara dunia Moto2 adalah Bagnaia. Tapi, dari sederetan para pembalap rookietersebut, sejauh ini performa paling memukau didapat Quartararo yang pernah meraih pole positiondi MotoGP Spanyol 2019.

Sazili mustofa





Berita Lainnya...