Edisi 16-05-2019
PSM Enggan Pilih Lawan di Semifinal


MAKASSAR– PSM Makassar enggan memilih lawan pada babak semifinal Piala AFC Zona ASEAN. Alasannya, seluruh tim yang lolos ke babak knock-out- patut diwaspadai dan berpotensi menjegal ambisi tim Juku Eja meraih tiket ke final.

PSM nyaris sempurna pada penyisihan Grup H Piala AFC 2019. Lolos sebagai juara grup, - PasukanRamangmengantongi 14 poin setelah mengemas em - pat kemenangan dan dua hasil imbang. Torehan angka terse - but terpaut jauh dari Home Uni - ted di posisi runner-updengan 10 poin. Di semifinal nanti, ada dua skenario lawan yang menanti PSM Makassar. Zulkifli Syukur dkk berpotensi bertemu tim asal Singapura Tampines Rovers jika runner-upterbaik direbut Ha Noi yang sejauh ini berada di urutan teratas. Namun, Ha Noi bisa saja keluar sebagai juara grup jika memenangkan laga kon tra Tampines Rovers tadi malam. Tim lain yang berpeluang menjadi lawan PSM adalah Becamex Binh Duong.

Skenario ini terjadi jika Becamex mampu merebut posisi runner-upter - baik dengan catatan mampu memenangkan laga lawan Ceres tadi malam dan memangkas selisih gol dengan Ha Noi. “Tentu kami bangga PSM masih bertahan pada ajang ini. Sebagai wakil Indonesia, kami ingin PSM melangkah lebih jauh untuk mengangkat pamor se - pak bola Indonesia. Kami belum mau memikirkan semifinal dan tidak memilih lawan,” ujar Pelatih PSM Darije Kalezic. Ya, lolos sebagai juara grup membuat PSM menjadi satusatunya wakil Indonesia yang masih bertahan di AFC Cup dan berhasil melaju ke babak semi - final Zona Asia Tenggara. Semen tara Persija Jakarta dipas ti - kan gugur setelah hanya mam - pu menempati urutan ketiga Grup G.

“Saya berterima kasih kepa - da pemain yang telah bekerja ke - ras untuk meraih kemenangan. Pertandingan melawan Lao To - yota tak mudah buat kami. Kon - disi lapangan yang licin sempat membuat kami kesulitan. Apa - lagi, kami datang di Laos setelah menempuh perjalanan selama 15 jam dari Makassar,” katanya. Kalezic menyatakan untuk saat ini akan mengalihkan fokus ke Liga 1. Tim JukuEja sudah ditunggu jadwal yang cukup padat. Melakoni laga perdana kontra Semen Padang di Stadion Mattoanging, Senin (20/5), PSM akan kembali menghadapi Perseru Badak Lampung FC pada Sabtu (24/5).

“Setelah ini, kami bakal menghadapi jadwal padat di kompetisi lokal. Saya minta kepada pemain untuk menyiapkan diri untuk itu,” ungkapnya. Menghadapi Kabau Sirah,julukan Semen Padang, PSM dipastikan mengincar tiga poin perdana. Kalezic diprediksi akan menurunkan skuad terbaik. Apalagi, pada laga kontra Lao Toyota, pilar PSM seperti jenderal lapangan tengah Wiljan Pluim, mesin gol Eero Markkanen, bek tangguh Abdul Rahman, hingga duo wingerM Rahmat dan Zulham Zamrun diparkir. Mereka memang sengaja tak diboyong agar bisa menyimpan tenaga.

“Saya tidak membawa beberapa pemain karena mereka butuh waktu untuk mengembalikan kebugaran. Kami akan menghadapi laga perdana di Liga 1,” tandas Kalezic. Keputusan ini sebagai langkah untuk menyiapkan pasukan tempur PSM agar bisa tampil fullteam pada laga pembuka nanti. Pemain yang tak diboyong ke Laos tetap menggelar latihan agar kondisinya tetap fit. “Jadi, kami meninggalkan asisten pelatih Bonnie (Fautngil) dan (Syamsuddin) Batola di Makassar. Agar saat kami kembali, semuanya sudah siap,” katanya.

Muhaimin