Edisi 16-05-2019
Segmen SUV Masih Jadi Kontribusi Terbesar


STAGNASI pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2019 yang kurang menguntungkan akibat peningkatan ketegangan dalam perdagangan global serta kondisi pasar keuangan yang fluktuatif, menjadi tantangan besar bagi kinerja ekspor automotif di Indonesia.

Di tengah kondisi tersebut, ekspor kendaraan utuh (complete build-up /CBU) bermerek Toyota masih menorehkan prestasi positif pada kuartal pertama (Januari- Maret) tahun 2019 yang mencatatkan kenaikan moderat 2% dengan volume sebesar 46.130 unit dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu sebesar 45.350 unit. Performa positif kuartal pertama kali ini didukung model sport utility vehicle (SUV) Fortuner buatan Pabrik Karawang 1 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang menempatkan posisi sebagai kontributor terbesar. Kendaraan yang menjadi favorit di kawasan GCC, Amerika Selatan, dan ASEAN ini tercatat menyumbangkan total 11.165 unit atau 24% dari total ekspor CBU kendaraan bermerek Toyota.

Selain itu, model SUV kecil Rush sejumlah 8.800 unit atau sebesar 19% dan model hatchbatck Agya dengan volume 8.600 unit atau sekitar 18% turut mendulang pertumbuhan ekspor. Model-model CBU bermerek Toyota lain seperti Vios (5.500 unit), Avanza (5.780 unit), Town Ace/Lite Ace (3.715 unit), serta Kijang Innova, Sienta, dan Yaris dengan total (2.570 unit) juga memberikan andil performa kuartal pertama. “Sejak 5 tahun terakhir, Fortuner konsisten menjadi model SUV penyumbang terbesar bagi prestasi ekspor Toyota Indonesia. Pada tahun 2019 Toyota menargetkan pertumbuhan ekspor di atas 5% meski situasi makro ekonomi dunia masih tidak menentu. Saat ini kami fokus untuk mencari pasar-pasar ekspor nontradisional baru untuk mencapai target ter sebut,” kata Direktur Adminis - trasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

Selain mengapalkan kendaraan utuh bermerek Toyota, TMMIN turut pula mengirimkan kendaraan setengah jadi (complete knock-down /CKD), mesin utuh, serta komponen kendaraan. Hingga Maret 2019, TMMIN berhasil mengekspor CKD sebanyak 9.900 unit, mesin utuh bensin sebanyak 25.750 unit, mesin utuh etanol sejumlah 2.360 unit, serta komponen kenda ra - an sebanyak 26 juta unit. Sejak pengapalan perdana pada tahun 1987 hingga saat ini, Toyota berhasil meng ge - nap kan angka 1,5 juta unit akumulasi ekspor kendaraan utuh Toyota dengan estimasi nilai ekspor lebih dari USD28,8 miliar.

Hingga kini, produk automotif dalam negeri mam - pu menembus lebih dari 80 negara tujuan ekspor di ka was - an Asia Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika. “Capaian 1,5 juta kumulatif ekspor ini tidak lain didukung oleh kekuatan brand Toyota yang telah terbukti mampu memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai belahan dunia. Kami berharap konsistensi aktivitas ekspor brand Toyota dapat membantu tercapainya keseimbangan neraca perdagangan nasional di tengah kondisi ekonomi global yang kurang menguntungkan,” sebut Bob Azam.

Sementara di pasar do mes - tik, PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatatkan penjualan mobil yang memuaskan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2019). Se la - m a 10 hari perhelatan ber lang - sung, TAM meraih 3.872 unit surat pemesanan kendaraan (SPK). Jumlah ini tumbuh 16% dibandingkan perhelatan yang sama tahun lalu. Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, penyelenggaraan IIMS yang berdekatan dengan Lebaran turut menjadi faktor peningkatan SPK tersebut. "Lebaran merupakan momen yang tepat untuk kami mendapatkan pesanan kendaraan lebih banyak dari biasanya," kata Soerjopranoto. Total transaksi yang didapat TAM mencapai lebih dari Rp1,1 triliun. Adapun mobil jenis Avanza tetap menjadi pilihan mayoritas konsumen.

Berikut perincian top SPK TAM di ajang IIMS 2019 Avanza terjual 1.106 unit, Rush 821 unit, Kijang Innova 683 unit, Calya 498 unit, dan Fortuner 258 unit. Toyota juga sukses meng - gelar program Toyota Mudik Asyik dalam rangka menyambut Lebaran 2019. Setiap tahunnya Toyota menemani per jalanan mudik keluarga Indonesia dengan menyeleng garakan sejumlah program menyambut Lebaran. Program-program ini merupakan salah satu wujud komitmennya dalam memberi kan layanan purnajual terbaik dan apresiasi atas keper ca - ya an dan kesetiaan pelanggan selama ini. Toyota, kata Soerjo pra - no to, senantiasa mendekatkan diri dengan para pelang - gannya, salah satunya melalui berbagai agenda nasional dan perayaan harihari besar di Tanah Air, seperti musim Lebaran dan mudik liburan setiap tahunnya.

Toyota selalu fokus untuk kualitas layanan, termasuk program Promo Toyota Mudik Asik yang juga merupakan bagian dari edukasi kepada para pelanggan dalam mela ku - kan perawatan terhadap kendaraannya agar nyaman dan aman digunakan untuk perjalanan mudik Lebaran. Apalagi kondisi arus mudik dari tahun ke tahun terus meningkat, termasuk yang menggunakan mobil Toyota. Sementara, kondisi infra struk - tur jalan dan sarana pendu - kung lainnya di setiap daerah belum merata. Program ini melibatkan seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia dengan didukung para teknisi yang terlatih dan andal.

Selain fasilitas berupa diskon jasa servis (service labor fee), program ini juga memberikan diskon untuk suku cadang (parts) tertentu. Pada program Promo Toyota Mudik Asik yang telah selesai diselenggarakan, pelanggan dimanjakan dengan diskon hingga 25% untuk jasa servis dan diskon hingga 20% untuk suku cadang tertentu. Selain diskon biaya jasa servis, para pelanggan juga bisa mendapatkan diskon sebesar 20% untuk penggantian oli TMO Full Synthetic dan diskon sebesar 10% untuk peng gan - tian oli TMO Synthetic. Di samping itu, saat pro - gram tersebut diseleng ga - rakan, pelanggan juga dapat menikmati diskon untuk suku cadang tertentu, antara lain diskon sebesar 5% masingmasing untuk Toyota differential gear oil, manual trans mission fluid(MTF), injector cleaner, serta brake fluid.

Hingga saat ini, jaringan resmi yang dimiliki Toyota mencapai 330 outletyang tersebar di 34 provinsi di Tanah Air, dan menjangkau daerah tingkat 2 (kabupaten/kota - madya). Jaringan resmi Toyota memberikan layanan prima yang tidak hanya melayani penjualan, namun meng ha dirkan layanan purnajual yang dilengkapi fasilitas bengkel perawatan dan pemeliharaan, pengadaan spareparts, serta body & cat.

Anton c