Edisi 16-05-2019
Cukup Nutrisi dan Olahraga


SEALA Septiani SGz MGizi, nutrition consultant , mengatakan bahwa menjaga keseimbangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka puasa.

“Kebutuhan gizi saat puasa tidak lebih banyak dari kebutuhan normal sehari-hari di luar bulan puasa, yaitu sekitar 2.000 kkal per hari yang 60%-nya bersumber dari karbohidrat, 15% dari protein, dan 25%-nya dari lemak,” beber Seala. Sementara pada anak 4-8 tahun sekitar 1.200-1.800 kkal per hari. The Dietary Guidelines of Americans menunjukkan bahwa anak perempuan usia 9-13 tahun membutuhkan 1400-2200 kalori setiap harinya, sementara anak laki-laki perlu 1600-2600 kalori per hari. Selain itu, tubuh membutuhkan 28-38 gram serat per hari dan sekitar 2 liter air putih agar berfungsi optimal. Konsumsi makanan yang beragam dapat membantu memenuhi seluruh kebutuhan gizi tersebut, khususnya saat menjalankan ibadah puasa.

“Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari berpuasa, makanlah makanan bergizi seimbang dengan jenis makanan bervariasi sehingga kebutuhan protein, serat, dan zat gizi lainnya dapat terpenuhi dengan baik. Tidak berlebih tapi juga tidak kurang. Pastikan juga cukup minum air saat sahur dan berbuka,” sebut Seala. Hal ini tentu juga berlaku bagi anak-anak yang sedang belajar berpuasa.

Meski berpuasa, kebutuhan nutrisi harian anak tetap harus terpenuhi. Selain pola makan yang seimbang, olahraga teratur adalah pendukung utama untuk mendapatkan pola hidup yang sehat saat puasa.

(sri noviarni)