Edisi 18-05-2019
Lagu tentang Dia


SEBAGAI anak rapperternama, Eminem, tidak mengherankan jika Hailie kerap terlihat ikut bernyanyi bersama sang ayah.

Selain ikut bernyanyi, ternyata banyak lagu Eminem yang juga didedikasikan untuk Hailie. Menurut The Sun, sepanjang kariernya, Eminem pernah menulis beberapa lagu tentang putrinya.

Baru-baru ini, Hailie juga disebutsebut terlibat dalam album terbaru Eminem, “Kamikaze”. Album tersebut dirilis sekitar Agustus tahun lalu.

Dikutip dari Cosmopolitan, sebetulnya salah satu lagu dalam album “Kamikaze”, yaitu Not Alike, ditujukan untuk rapperasal Amerika Serikat (AS), Machine Gun Kelly, sebagai respons atas cuitannya yang dianggap menjurus ke pelecehan seksual terhadap Hailie.

Kala itu tahun 2012, Hailie masih berusia 16 tahun. Sebelumnya Hailie sempat tampil dalam video musik untuk lagu berjudul Mockingbirdyang dirilis pada 2005.

Suaranya juga bisa didengar dalam lagu Bonnie & Clyde, lalu My Dad’s Gone Crazy. Saat lagu tersebut dirilis, yaitu 2002, Hailie masih berusia 6 tahun.

Tidak mengherankan bila kemudian dia diganjar penghargaan Rekor Dunia Guinness sebagai Penyanyi R&B Termuda. Eminem menceritakan, suatu hari dia pernah membawa Hailie yang masih berusia 4 tahun ke studio.

Kemudian, Hailie kecil ingin ikut bernyanyi bersamanya. Hanya, aksi Hailie saat itu tidak diketahui sang ibu. Adapun lagu-lagu Eminem yang tidak menampilkan suara Hailie tapi ditujukan untuknya ada sekitar 22 lagu.

Lagu tersebut, menurut catatan Standard, di antaranya berjudul Going Through Changes, Déjà vu, Kim, Bonnie & Clyde, Crazy in Love, The Way I Am, My Gone Crazy, Cleaning Out My Closet,dan yang paling baru Bad Husbanddan Aroseyang dirilis pada 2017.

Sementara melalui lagu Mockingbird yang terinspirasi dari sisi terendah dalam sejarah keluarga Eminem, Eminem meminta maaf atas segala rasa sakit yang pernah dia sebabkan kepada putrinya pada masa lalu.

Yang paling terkenal adalah Hailie’s Song, yang ditulis Eminem untuk Hailie saat masih berusia 7 tahun. Lirik lagu yang melejit tahun 2002 itu menggambarkan bagaimana Hailie memberi dorongan dan tujuan hidup kepada sang ayah.

Dikutip Daily Mail, Eminem juga sempat meminta maaf kepada Hailie karena mendapatkan perhatian publik yang cukup besar saat sang anak dimasukkan ke lagu terbarunya, Castle.

Lagu ini diambil dari album “Revival” yang dirilis pada Desember 2017. Lagu tersebut dimulai dengan sejarah kelahiran Hailie, berlanjut hingga pada tahun-tahun awal kehidupannya.

Eminem merasa bersalah karena menjadikan Hailie sebagai subjek dari banyak lagunya. Dekat dengan sang Ayah Hailie pernah menceritakan tentang hubungannya yang erat dengan Eminem.

Melalui wawancara dengan Daily Mail pada Juni 2018, Hailie mengungkapkan bahwa hubungannya dengan sang ayah sangatlah dekat. Eminem pun menegaskan kalau Hailie adalah inspirasi terbesarnya ketika dia bangkrut dan mulai bangkit untuk ngerapdi Detroit.

“Dia menjadi sumber utama untuk dorongan dan motivasi saya, terutama ketika dia pertama kali lahir. Saya belum punya karier, tidak punya uang, tidak punya tempat tinggal.

Bagaimana saya akan membesarkannya? Dia selalu menjadi kekuatan dan pendorong bagi saya untuk tetap sibuk, tetap fokus, dan menjadi alasan nomor satu saya untuk tidak takut gagal. Saya tidak boleh gagal. Saya harus membuatnya tumbuh dewasa dan mengatakan ‘Ayah saya berhasil’,” ucap Eminem.

susi susanti