Edisi 18-05-2019
Modest Wear Klasik Modern Pada Hari Raya


MENJELANG Lebaran, beberapa brand merilis koleksi terbarunya; gaya busana modest wear , tetapi tetap mempertahankan kesan modern dan menunjang aktivitas yang dinamis.

Ditujukan untuk kalangan wanita maupun pria profesional urban, The Executive mempersembahkan koleksi Ramadan 2019, yakni Men Collection, Ladies Collection, dan Special Collection. The Executive berkolaborasi dengan salah satu desainer modest wear ternama Indonesia, yaitu Jenahara Nasution.

Untuk koleksi kolaborasi ini, Jenahara menghadirkan dua tema koleksi, yaitu Copenhagen dan Milkyway. “Koleksi Copenhagenterinspirasi dari suasana, pemandangan, dan arsitektur di sepanjang kanal atau sungai besar di Kota Kopenhagen, Denmark.

Di pinggir kanal tampak berjajar toko-toko kecil, coffee shop , dan restoran bergaya arsitektur kuno yang berwarna-warni, tempat orangorang duduk menikmati suasana Kota Kopenghagen, ibu kota dan kota terbesar di Denmark,” ungkap Jenahara.

Permainan ornamen berupa letter O yang menjadi ciri khas Jenahara dihadirkan dalam koleksi Copenhagen yang dikombinasikan dengan aksen pleats (plisket) berbagai ukuran yang dipusatkan pada bagian tertentu.

Material poliester jenis kristal dan exlon warna putih, taupe, olive , dan dark olive diaplikasikan dalam ragam outfit seperti tunic dress, outer, skirt , dan pants . Sementara koleksi Milkyway terinspirasi dari keindahan kombinasi warna galaksi bima sakti (milkyway ).

Warna yang digunakan adalah kombinasi hitam, putih, dusty pink , dan dusty purple dengan bahan berupa katun dan crepe serta penggunaan motif garis dari penggabungan warna tersebut.

Detail dalam koleksi ini terkesan lebih playful dengan siluet asimetris dan motif garis-garis yang ditaruh secara acak, dilengkapi aksen ring dan manset dengan gaya lebih feminin.

Koleksi spesial ini diciptakan untuk menampilkan tren terbaru pada momen Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri agar bisa tampil modern dan stylish dalam balutan modest wear tanpa meninggalkan sisi kenyamanan dari bahan yang digunakan.

Selanjutnya, brand Uniqlo di koleksi wanita merilis beberapa pilihan kemeja dan blus dengan beragam variasi material, warna, serta pola, seperti extra fine cotton, rayon, linen blend , dan soft cotto n, untuk memberikan aksen segar, elegan, dan feminin.

Busana ini bisa dipadupadankan dengan celana EZY ankle , denim, atau legging . Padanan tersebut cocok untuk menyambut tamu atau saat mengunjungi kerabat untuk bersilaturahmi saat Lebaran.

Untuk koleksi pakaian pria, terdapat kemeja seperti oxford, linen cotton, kaus polo yang menampilkan berbagai warna dan pola serta kemeja extra fine cotton broadcloth yang juga tersedia dalam desain batik yang menampilkan tekstil tradisional.

Koleksi ini sangat mudah dipadupadankan dan nyaman untuk iklim tropis Indonesia, misalnya dengan denim atau celana EZY ankle agar terlihat bergaya kasual pada Hari Raya.

Sementara itu, perhelatan Ramadhan in Style tahunan yang digelar Plaza Indonesia menampilkan Priyo Oktaviano sebagai salah satu line-up desainer Indonesia. Priyo menghadirkan koleksi demi couture dari lini utamanya, Priyo Oktavioano.

Koleksinya bergaya classic French dengan garis romantis, lembut, dan feminin melalui koleksi yang bertajuk dan terinspirasi dari hiasan dan wewangian yang terbuat dari bunga-bunga dan tanaman kering asal Prancis, potpourri.

Pada koleksi tersebut, Priyo menampilkan kepiawaiannya dalam pengerjaan tangan yang menampilkan teknik bordir dan 3D embroidery dengan motif bunga kering dari potpourri, dipadukan dengan renda klasik, payet mutiara, dan fringe .

Detail tersebut juga mendukung pilihan Priyo dalam mengimplementasi gaya rococo yang dipopulerkan Madame Pompadour dan Marie Antoinette dengan warna-warna pastel menggunakan bahan seperti chantilly lace dalam menampilkan esensi romantis dan sisi feminin yang klasik dari potpourri.

Selain itu, esensi alami dan lembut ditampilkan Priyo melalui pemilihan bahanbahan yang ringan dan memiliki efek sheer , seperti tulle, voile, organdy , dan linen.

Ria Juwita, Event & Promotions Senior Manager & Creative Services PT Plaza Indonesia Realty Tbk, mengatakan, permintaan dan perkembangan industri modest fashion wear di Indonesia sangat tinggi.

“Pada tahun kedua pergelaran fashion show modest wear Ramadan in Style, Plaza Indonesia berkolaborasi dengan tenant retail dan fashion designer ternama di Indonesia untuk memberikan inspirasi tren dalam busana muslim dan modest ,” ujarnya.

sali pawiatan