Edisi 22-05-2019
Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Jokowi


KUALA LUMPUR– Para pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) setelah di pastikan kembali memenangkan kursi kepresidenan untuk masa ja batan kedua.

Mereka berharap bisa menjalin kerja sama lebih erat dengan In do - nesia di masa mendatang. Dari Malaysia, Perdana Men teri (PM) Mahathir Mo - ha mad memberikan ucapan se la mat kepada Jokowi. Di - lansir dari Bernama, Dr M— pang gi lan akrab Mahathir Mo ha mad—menelepon lang sung Jo kowi untuk memberikan ucap an sela mat. Dr M berharap dengan ter pi lihnya Jokowi, ke rja sama an - tara Malaysia dan Indonesia bisa terjalin lebih erat. “Saya mengucapkan sel a m at ke - pada Jokowi setelah ke me - nangan resmi sebagai pre - siden Republik Indo ne sia,” kata Mahathir dilansir Ber nama.

Dia berharap kerja sama dua negara akan se ma kin kuat setelah ke menangan ter - sebut. Dari Singapura, Presiden Ha limah Yacob dan PM Lee Hsien Loong menulis surat ucap an sela mat kepada Jo - kowi atas ter pi lihnya kembali seba gai presiden RI. Dalam surat yang dirilis Ke men - terian Luar Negeri Singapura kemarin, Ha limah meng ung - kap kan ke me nangan Jokowi sebagai buk ti kepercayaan dan keper ca yaan diri rakyat Indonesia ter hadap kepe mim - pinannya. “Saya yakin kamu (Jokowi) akan mem ba ngun fondasi kuat pada fase per - tama untuk men cip takan masa depan yang lebih baik bagi seluruh rakyat In do nesia,” kata Halimah.

Dia mengungkapkan, Si nga - pura dan Indonesia me mi liki ker - ja sama yang baik de ngan mem ba - ngun kerja sama dan saling meng - hor mati de ngan ikatan kerja an - tar warga yang dalam dan ber kem - bang. “Saya percaya diri hubungan antara dua negara ini akan terus me nguat dalam beberapa tahun ke depan,” katanya. Dia juga ber - doa agar Jokowi sukses me mim - pin pada periode kedua. Ucapan selamat atas ke me - nangan Jokowi juga di ung kap - kan PM Lee. Dia meng ung kap - kan mandat kuat yang di per oleh Jo kowi merefleksikan ke per ca - ya an bahwa rakyat In do nesia me - ng inginkan ke pe mim pinannya ber lanjut. “Visi Jo kowi untuk me ng angkat ke hidupan seluruh rakyat In do nesia,” ujarnya.

Dari Australia, PM Scott Mor - rison mengucapkan sela mat ke - pada Jokowi. Ucapan selamat dari Morrison untuk pe milu yang damai dan de mo kratis. “Ke - dua pemimpin se pa kat me lan - jut kan kerja sama dan hubungan baik antar dua negara ber te tang - ga,” demikian keterangan resmi. Selain itu, Jokowi juga men - dapatkan ucapan selamat dari PM Inggris Theresa May dan dua pemimpin itu akan me lan jutkan kerja sama lebih erat. Juru bicara Kantor PM Inggris menyatakan, PM May me nyam but baik du ku - ngan Ing gris atas proses de mo - krasi di Indonesia. “Tahun ini me - nan dai 70 tahun hubungan bi la - te ral hubungan Inggris-AS, dan PM ingin merayakan di London dan Jakarta,” katanya.

Kemudian, PM India Na re n - dra Modi juga menyampaikan ucapan selamat dalam bahasa Indonesia selain dalam bahasa Inggris. “Selamat yang sebesarbesarnya kepada @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Se ba - gai dua negara demokrasi be sar, kami bangga atas ke ber ha silan perayaan demokrasi. Kami ber - harap Anda dan rak yat Indonesia semua sukses di bawah ke pe - mim pinan dinamis Anda,” kata Modi pada akun Twitternya.

Dari Vietnam, Presiden Nguyen Phu Trong dan PM Ngu yen Xuan Phuc mengi rim kan ucapan selamat kepada Jo kowi. Ke mudian, Wakil Pre siden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh meng ucap - kan selamat kepada wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin.

Andika hendra m



Berita Lainnya...