Edisi 22-05-2019
Perindo Siap Kawal Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin


JAKARTA– Partai Persatuan Indonesia (Perindo) siap mengawal pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin (KMA) lima tahun ke depan.

Perindo berharap pemerintahan Jokowi-KMA mampu me ning katkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meskipun Perindo di pas tikan tidak akan melenggang ke parlemen pada periode 2019- 2024, namun partai berlambang rajawali ini dinilai mempunyai infrastruktur lengkap hingga tingkat desa. “Kita kan punya insfrastruktur, punya juga pengurus partai sampai di ranting kecamatan, bahkan di desa, kelurahan. Dari situ bisa bekerja sama di tingkat pe merintahan tingkat dua, tingkat satu, pemerintah pusat untuk memberikan support dan mitra,” ujar Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) seusai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, kemarin.

HT mengatakan hal ter sebut dilakukan agar tujuan pe ningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi benar-benar dapat me ningkat. Dia mengatakan juga dapat mengawal jalannya pemerintahan melalui media yang dimilikinya. “Saya juga di media bisa membantu, tadi saya sudah bicara panjang lebar dengan beliau bagaimana bisa dimaksimalkan ke depan su pa ya ekonomi kita tidak hanya 5% tumbuhnya, tapi bisa tumbuh 7-8%,” ungkapnya. Dia juga memberikan be be - rapa masukan kepada Presiden Jokowi untuk pemerintahan mendatang. Misalnya untuk mencapai tujuan tersebut HT me nuturkan pentingnya pe - ningkatan ekspor ke depan. Dia mengatakan tanpa ada pe ning - katan ekspor maka devisa akan tergerus dan nilai tukar se ma - kin melemah.

Dampaknya ma - sya rakat akan sangat dirugikan dengan kondisi tersebut. “Lalu mengenai investasi, investasi swasta dalam negeri dan luar negeri, termasuk pariwisata itu devisa cukup besar,” tuturnya. Di bidang pendidikan me nu - rut HT memang masih perlu di - do rong karena masih banyak ma - syarakat yang kurang mam pu. Bahkan dia menyarankan jika per lu pendidikan dapat di la ku - kan melalui internet. “Ka lau fi sik bayangkan saja anak Papua ba - gaimana harus ke Su lawesi ku - liah itu kan mahal cost nya. Biaya angkutnya, ma kan nya, itu kan mahal. Tapi kalau internet anak Papua ya di Papua, anak Aceh ya di Aceh, gratisinsekalian, jadi lang - sung bisa 2-3 juta. Jadi banyak yang dibi ca rkan,” ungkapnya.

Ditanyakan posisi menteri di kabinet, HT mengatakan bah wa hal tersebut belum ada pembahasan. Dia menilai Pre si - den Jokowi masih akan me - nung gu penetapan terlebih dahulu baru menyusun struk - tur pemerintahan. “Itu tan ya - kan beliau, karena menteri ti - dak harus dari partai. Seperti sekarang kan tidak semua dari partai, yang profesional juga ba - nyak,” ujarnya. Menanggapi situasi politik yang ada, HT mengatakan bah - wa masa persaingan sudah usai karena pemimpin definitif su - dah diumumkan. Dia menga ta - kan jika tidak bersatu yang di ru - gikan adalah bangsa Indonesia sendiri.

“Kalau Indonesia be - ran ta kan yang rugi juga kita, ma - syarakat kita, kembali kita sendiri. Kita harus bersatu padu, ko mpetisi sudah selesai, mem - ba ngun Indonesia yang ma ju dan sejahtera untuk kepenti ng - an masyarakat,” katanya. Ditanyakan dari sisi kaca - ma ta pengusaha, HT menga ta - kan pengumuman mem be ri - kan sinyal definitif karena su - dah ada kepastian. Meskipun memang harus menunggu jika ada gugatan tapi secara realistis perbedaan suara yang cukup besar sulit berubah. “Tapi kalau menurut saya per bedaan yang sangat besar ini ya sulit dianulir. Kalau perbe da - annya sedikit ya bisa, realistis saja. Kalau dari kacamata dunia usaha melihatnya sudah se le - sai,” tuturnya.

Selain HT, sejumlah ketua umum parpol pengusung Jo - kowi-Ma’ruf Amin juga hadir ke Istana Merdeka memberikan selamat kepada Presiden Jo ko - wi. Di antaranya Ketua Umum (Ke tum) PDI Per juangan Me ga - wati Soe kar no putri, Ketum PKB Mu hai min Iskandar, Ke - tum Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketum PPP Suharso Mo noarfa. Selain itu juga hadir Ketum Partai Ha nura Oesman Sapta Odang, Ke tum PSI Grace Natalie, Ketum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Ketum PBB Yusiril Ihza Ma hendra. Ketum PDI Perjuangan Mega wati Soekarnoputri menga takan belum ada pesan khusus yang disampaikan karena pe lanti kan masih bulan Oktober mendatang.

Megawati me nga takan kedatangannya bukan hanya sebagai ketum umum Parpol, tapi juga sebagai Ketua Dewan Peng arah Badan Pem bi naan Ideologi Pancasila (BPIP) yang datang dengan Mantan Wakil Pre siden (Wapres) Try Su trisno. “Saya juga kan sebagai Ketua Dewan Pe ngarah BPIP makanya saya ajak Pak Try. Ayo pak bareng-bareng kasih ucap an selamat supaya kita nomor satu jangan yang lainnya dulu,” ucap Mega. Ketum Partai Golkar, Airlang ga Hartato juga menguca pkan selamat atas kemenangan yang diperoleh pasangan Jo kowi-Ma’ruf Amin. Dalam ke sem - patan itu dia juga melaporkan bahwa Golkar menjadi pemenang kedua di DPR dengan perolehan 85 kursi.

“Dan bapak presiden mengucapkan se la mat kepada Partai Golkar. Ya tentu dalam waktu dekat kita m e mi kirkan langkah-langkah selanjutnya. Persiapan kepada anggotaanggota DPR yang baru untuk menyiapkan me re ka yang bertugas di 2019 ini,” tuturnya.

Dita angga

Berita Lainnya...