Edisi 22-05-2019
Jadi Syarat Lulus Mahasiswa UMB


JAKARTA – Jika dahulu penulisan skripsi menjadi satu-sa tunya syarat kelulusan mahasiswa, kini kampus punya banyak opsi.

Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, misalnya, memiliki lima skema tugas akhir se bagai syarat menyelesaikan studi, yaitu Tugas Akhir Karya Ilmiah (Skripsi), Tugas Akhir Aplikatif, Tugas Akhir Prestasi, Tugas Akhir Jurnal/Publikasi, dan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN). Menurut Ketua Bidang Studi Public Relations (PR) Fa kultas Ilmu Komunikasi Uni ver sitas Mercu Buana Elly Yulia wati, pe - ne rapan lima skema syarat ke lu - lus an itu dilakukan demi pe - ngem bangan potensi ma hasis - wanya, sebab setiap ma hasiswa memiliki kom pe ten si berbeda dan tidak bisa di seragamkan.

“Untuk itu, kami meng op ti - malkan berbagai skema tugas akhir untuk di-creat mahasiswa sesuai kompetensi dan passion masing-masing,” ujar Elly da - lam rilisnya. Elly menjelaskan, dari lima skema tugas akhir yang jadi sya - rat kelulusan itu, salah satunya adalah kegiatan yang langsung bersentuhan dengan ma sya ra - kat, yakni TAPN. Kegiatan ini yang sekarang dibutuhkan ma - syarakat karena di dalamnya ada transfer ilmu dan informasi dari mahasiswa serta aspek pe - ngabdian kepada masyarakat. “Fenomena sekarang biasa - nya cenderung ada di menara ga ding, banyak penelitian dan kajian-kajian yang dibuat, te - tapi bagaimana manfaatnya bi - sa dirasakan masyarakat, kita ti - dak mengetahuinya,” kata Elly.

Karena itu, Universitas Mer - cu Buana membuat karya tugas akhir yang kebermanfaatannya bisa dirasakan langsung ma sya - rakat. “Pada intinya kegiatan ini untuk memberdayakan ma sya - rakat. Kami menyebut Tugas Akhir Peduli Negeri ini sebagai Student Social Responsibility,” tutur Elly. Untuk tahun ini, pelak sa na - an TAPN bertema “Gerakan Perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat” digelar mahasiswa PR Universitas Mercu Buana di SDN Margamulya, Mauk, Ka bu - paten Tangerang, Serang, pada 30 Maret-20 April lalu. Ke giatan tersebut adalah “Sabtu Bersih dan Sehat “ yang digelar untuk memberikan edukasi dan me - num buhkan kesadaran siswa/i ter kait pentingnya men jaga ke - se hatan dan ke ber sihan ling - kung an, serta mene rap kan pola hidup bersih dan sehat dengan men jaga lingkungan yang di mu - lai dari lingkungan sekolah.

Kelapa SDN Margamulya Hj Juriah berharap dengan kegiat - an TAPN itu nantinya akan ada perubahan lebih baik di sekolah yang dipimpinnya. “Saya ber - harap akan ada perubahan untuk anak-anak kami di sini yang telah diedukasi adik-adik mahasiswa dari Universitas Mercu Buana, terutama terkait pola hidup dan bersih,” ujarnya waktu itu.

M ridwan





Berita Lainnya...