Edisi 22-05-2019
RND Kapital Incar Startup Frozen Food


JAKARTA –RND Kapital, perusahaan modal ventura lokal, menyiapkan pendanaan Rp50 miliar untuk investasi pada startup level awal pada tahun ini.

Perseroan berencana me ncari startup level awal yang berhubungan dengan teknologi dan frozen food . Direktur RND Kapital Edy Suwarno mengatakan akan fo kus mencari startup yang ber kaitan dengan teknologi dan ke butuhan konsumer. Salah satu sedang di - incar adalah startup terkait frozen food khusus m a kan an bayi. Me - nu rutnya kebu tuh an makanan bayi untuk ke luarga muda sangat dibutuhkan dan menjanjikan. “Sekarang ada sembilan st art up yang masuk portofolio kami. Berikutnya, kami ingin mencari start up di bidang tek nologi dan frozen food. Banyak keluarga mu - da yang mem bu tuh kan makanan bayi praktis cukup dipanaskan,” ujar Edy di Jakarta belum lama ini.

Dia mengatakan, pihaknya terus berinvestasi ke per usa haan model baru. Beberapa st art up saat ini telah didukung adalah pasarpolis, tanamduit, ta masia, rekeningku, base, bamms, asco, dan Sam In do nesia. Menu rut - nya, per usa ha an yang didukung tidak terbatas pada perusahaan startup na mun perusahaan yang bisa memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masa depan. “Kami ingin mengem bang kan portofolio yang dapat men du - kung kebutuhan segmen mi - lenial. Startup yang kami bina bisa saling berkolaborasi dalam satu ekosistem sehingga lebih menguntungkan,” ujarnya.

Pi hak nya juga akan tetap fo - kus ber in vestasi pada startup awal de ngan model pendanaan da ri le vel Angel Investment, Seed, Pre Seri A, dan Seri A. Karena itu, kon sep pendekatan yang dila ku - kan dengan model inkubator se - ca ra selektif bagi yang po tensial. Dia melihat masih banyak ke - l emahan startup awal atau belum tertata rapi, misalnya secara akta kepemilikan atas nama orang lain dan modal yang disetor kecil. Untuk itu, pi haknya mem per ke - nalkan ba gai mana dunia bisnis yang sebe narnya pada startup.

”Kami seperti inkubator, tapi pilih yang potensial. Se te lah berkembang, baru kami per te mukan dengan investor asing dan kami akan terdilusi kep emi likan nya. Mi sal nya pasarpolis yang diminati in vestor lain se - hingga porsi kami menjadi sa - ngat kecil,” ujarnya.

Hafid fuad