Edisi 22-05-2019
MNC Sekuritas Gandeng KSEI Pecahkan Rekor MURI


JAKARTA–Sebagai bukti komitmen perusahaan dalam pening katan kualitas investor pasar modal di Tanah Air, PT MNC Sekuritas memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), yaitu Login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak bersama de ngan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Pencapaian yang berhasil diraih adalah 6.825 investor mela kukan login aplikasi AKSes dalam kurun waktu 20 hari. Ap likasi AKSes bertujuan mem bantu investor dalam m e man tau portofolio efek secara real-time. Direktur Utama MNC Se kuritas Susy Meilina meng ung - kap kan, penghargaan MURI kali ini merupakan ketiga kalinya bagi perseroan. Se be lumnya, MNC Sekuritas berhasil me mecahkan rekor MURI untuk Penciptaan Investor Saham Terbanyak pada Satu Perguruan Tinggi sebanyak 3.300 investor saham baru di Universitas Nusa Cendana, Nusa Tenggara Timur (2016), serta Perusahaan Sekuritas yang Membuka Cabang Terbanyak dalam Setahun, yaitu 44 cabang baru sepanjang tahun 2016 (2017).

Penghargaan MURI untuk Login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak diserahkan Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo kepada Direktur Uta ma KSEI Friderica Wid yasari Dewi, Direktur Per da ga - ngan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia Laksono W. Widodo, Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina, dan Direktur Utama Phintraco Se kuritas Jeffrey Hendrik, di - sak sikan Deputi Direktur Pe ng - awas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Ridwan.

“Dengan basis investor ritel yang kuat di berbagai wilayah Indonesia, MNC Sekuritas men - du kung pemecahan rekor MURI dengan menggelar ke giat an login AKSes bersama di ber bagai kota di Indonesia, di an taranya Jakarta, Bekasi, Ban jarmasin, Makassar, dan Pon tianak. De - ngan kerja sama tim yang solid, kami bersyukur tar get rekor se - belumnya berhasil terlewati,” kata Susy dalam keterangan ri - lis nya di Jakarta, ke marin. Rekor MURI kali ini me ru - pakan pemecahan dari rekor yang pertama kali dibuat pada November 2018 lalu di Yog ya - karta, yaitu Login Aplikasi Pasar Modal oleh 3.000 in ves - tor. Dengan target lebih besar, rekor kali ini dibuat seiring de - ngan peluncuran AKSes Next Generation (AKSes Next-G).

“Saat ini investor semakin di - mudahkan dengan AKSes Next- G yang diluncurkan KSEI hari ini. Penggunaan fasilitas AKSes semakin mudah karena in vestor hanya perlu login de nganmeng - gu nakan Nomor In duk Ke pen - dudukan (NIK),” kataSusy. Investor perlu mengetahui tersedianya fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Se ku ri - tas), katanya, untuk melihat por tofolio investasi yang ter - sim pan di KSEI. Dia berharap investor Tanah Air bukan hanya sekadar berinvestasi, tetapi juga aktif memantau inves ta - sinya melalui kemudahan yang diberikan Aplikasi AKSes.

Di tempat yang sama, PT Kus todian Sentral Efek In do - nesia (KSEI) meluncurkan fa si - litas AKSes (Acuan Ke pe mi - likan Sekuritas) generasi ter - baru atau AKSes Next Ge ne ration (AKSes Next-G). Fasilitas AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI agar investor di pasar modal dapat secara langsung me man - tau portofolio kepemilikan efek dan/atau dana yang tersimpan di dalam rekening dana na sa bah. Hal ini sebagai upaya me ning - katkan transparansi in for masi dan perlindungan investor. Pengembangan AKSes Next- G merupakan inisiatif KSEI dan salah satu proyek multiyears yang termasuk dalam rencana strategis KSEI jangka panjang.

“Salah satu alasan KSEI me - ngembangkan AKSes Next-G adalah karena masih rendahnya pe manfaatan fasilitas AKSes serta adanya kebutuhan dari investor untuk proses login yang lebih cepat dan mudah. Se - belumnya untuk menggunakan fasilitas AKSes, investor harus lebih dahulu menerima Kartu AKSes dan PIN Code yang ka - dang membutuhkan waktu ka - rena dokumen berbentuk fisik dan proses distribusi. Dengan AKSes Next-G, cukup meng gu - nakan data pribadi untuk login,” kata Direktur Utama KSEI Fri - derica Widyasari Dewi.

Lebih lanjut Friderica me - nyam paikan, tampilan baru fa silitas AKSes juga dibuat lebih menarik dengan mem per ha ti - kan penataan halaman utama dan menu. Pada halaman utama (landing page), pengguna fasilitas AKSes dapat melihat data sta - tistik pasar modal dan in for ma si seputar industri keuangan.

Heru febrianto/ sindonews