Edisi 22-05-2019
Bima Sakti Minta Pemain Tingkatkan Performa


JAKARTA– Pemain seleksi tim nasional Indonesia U-16 diminta terus meningkatkan performa agar layak masuk tim inti. Jika tidak, tim pelatih tidak akan segan-segan melakukan pencoretan mengingat masih ada deretan pemain yang masuk daftar tunggu.

Sepekan pemusatan latihan nasional (pelatnas) timnas U- 16, komposisi pemain yang mengikuti seleksi sudah dikerucutkan. Dari 41 pemain yang awalnya dipanggil, 13 di antaranya sudah dipulangkan Pelatih Bima Sakti Tukiman. Alasan utama pencoretan tersebut lantaran tidak mampu bersaing dengan pemain lainnya. Tim pelatih menilai waktu tujuh hari unjuk kemampuan sudah lebih dari cukup untuk melakukan pengurangan jumlah pemain seleksi. Bima mengatakan pencoretan tersebut tidak lepas dari kebutuhan tim. Menurutnya, pemain yang dipertahankan harus sesuai kebutuhan tim dan strategi yang akan diterapkan tim pelatih.

“Dari 41 pemain yang mengikuti proses seleksi dan pemusatan latihan, saya memulangkan 13 pemain. Saya memantau perkembangan mereka setiap hari, terlebih saat melakukan latih tanding di internal gamedi akhir pekan kemarin. Saya memilih sesuai kebutuhan tim,” kata Bima. Sebelumnya, pada Jumat (17/5), Bima menggelar internal gameyang melibatkan seluruh pemain seleksi. Empat puluh satu peserta dibagi menjadi empat tim dan bertanding. Gameini bertujuan menilai kualitas pemain secara individu maupun team worksehingga pelatih tidak mengutamakan hasil.

Selain itu, internal game ini juga menjadi ajang bagi tim pelatih untuk mendeteksi kelemahan timnas U-16. Bima menyebut salah satu yang harus ditingkatkan adalah ketahanan fisik pemain untuk bisa bermain selama 90 menit. Untuk menutupi kelemahan tersebut, porsi latihan akan ditingkatkan dengan tetap mempertimbangkan faktor puasa. Bima, yang juga sempat menangani timnas Indonesia mengatakan, 28 pemain yang tersisa akan menjalani training camp hingga 26 Mei mendatang. Sebelum pelatnas tahap pertama berakhir, timnas akan menggelar laga uji coba di Stadion Pajajaran Bogor, sehari sebelumnya.

“Saya berharap pemain yang terpilih saat ini bisa terus meningkatkan kemampuannya dan benarbenar bisa membuktikan bahwa mereka layak dipilih,” ujarnya. Timnas U-16 akan menghadapi dua turnamen sepanjang 2019. Mereka akan tampil di Piala AFF U-15 Chonburi, Thailand. Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina. Eventini akan berlangsung di Kota Chonburi, Thailand. Setelah itu, anak asuh Bima akan bermain di kualifikasi Piala AFC U-16/2020 pada September mendatang.

Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah berada di Grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara. Sementara itu, timnas wanita Indonesia mulai menjalani rangkaian uji coba untuk mematangkan permainan dan mendapatkan formasi ideal hingga Jumat (25/5). Pelatih timnas wanita Rully Nere menyatakan uji coba selama lima hari berturut-turut ini sengaja dilakukan untuk menemukan komposisi dan kerangka tim menghadapi Piala AFF, Agustus mendatang.

“Uji coba ini tujuannya tak lain agar pemain-pemain ini menerapkan apa yang sudah dilatih selama ini. Tim pelatih dalam sepekan terakhir memberikan pola permainan dan prinsip bermain kolektif, tinggal kami menilai pemain ini menerapkannya atau tidak di laga uji coba ini,” ungkapnya.

Abrian