Edisi 22-05-2019
Aktor Gagah yang Dulu Pemalu


Berkenalan dengan akting untuk mengatasi sifat pemalunya, Richard Madden kini malah menjadi idola publik berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni. Banyak yang mengagumi Richard Madden setelah kemunculannya sebagai Robb Stark di serial televisi populer HBO, Game of Thrones (GOT ).

Lagi-lagi penonton dibuat terlena dengan kegagahannya seba gai pangeran tampan di film Cinderella . Aktor bermata biru yang lahir di Skotlandia ini merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, Cara dan Laura. Richard memiliki masa kecil yang bahagia. Sayangnya, Richard memiliki sifat pemalu yang membuatnya sulit bergaul dan gugup. Karena sifatnya tersebut, dia mengaku memiliki ketakutan untuk meninggalkan sekolah dasar dan menjalani kehidupan di sekolah menengah, yang dia tahu cukup keras. Keluarga lalu memutuskan memasukkan Richard ke kelas teater Paisley Arts Centreís Youth Theater Program.

Dia lalu meneruskan pendidikan di Royal Scottish Academy of Music and Drama (RSAMD) dan lulus pada 2007. Di sanalah bakat aktingnya semakin terasah dan memuluskan jalan kariernya. Setelah lulus dari RSAMD, dia kemudian bekerja untuk Arches and Glasgow Repertory Company. Richard menerima banyak tawaran bermain teater dari panggung ke panggung. Dia pun menikmati pekerjaannya saat itu. Perlahan tapi pasti, bakat aktingnya mulai dilirik pertunjukkan teater besar, Globe Theatre. Dia lalu diberi peran besar dan terpilih sebagai sosok Romeo di film Romeo and Juliet . Dia lalu melakukan perjalanan tur pada 2007. Peran lain dia dapatkan sebagai Callum Mcgregor di pertunjukkan teater lainnya sepanjang 2008.

Sejak saat itu, Richard mulai mendapat tawaran bermain di serial televisi, sebut saja perannya sebagai Dean McKenzie di serial Hope Springs , menyusul Chatroom pada 2010, yang berperan sebagai Ripley. Sementara kemunculan perdana Richard di layar lebar yaitu ketika bermain sebagai Pangeran Kit di film Cin - derella. Mendapat peran sebagai pemeran pria utama tentu men - jadi kesempatan emas bagi Richard. Tetapi bukan hanya itu, yang membuatnya juga senang ada lah dia dapat bekerja satu layar dengan nama-nama besar se per ti Cate Blanchett dan Helena Bonham Carter. Setelah Cinderella , menyusul serial Bastille Day dan serial lainnya di televisi, termasuk Lady Chatterley’s Lover, Medici: Masters of Flo rence, serta Philip K Dick’s Elec tric Dreams .

Richard juga bermain sebagai Sersan David Budd di serial Bodyguard yang menjadi hits . Nama Richard semakin dikenal banyak orang ketika dia meme rankan Robb Stark di serial GOT . Richard mendapat telepon dari agensi GOT untuk datang dan menjalani proses audisi. Dia juga di - minta membaca novel karangan George RR Martin tersebut. Richard mengaku tidak me - miliki kesulitan berarti saat proses audisi. Dia menikmati membaca halaman demi hala - man buku tersebut guna menda - lami karakternya. Richard membintangi serial itu sejak 2011- 2013. Bekerja di proyek tersebut sangat berkesan bagi nya.

Dia mengaku, GOT menjadi bagian dari kisah hidupnya. Dia mendapat banyak penga - laman dan pertemanan lewat serial itu. “Saya masih berteman dekat dengan mereka semua di GOT . Kami semua dewasa ber - sama di sana,” tuturnya. Kesuksesannya menghidupkan peran Robb Stark membuat tawaran pekerjaan berdatangan kepadanya. Richard bahkan disebut-se - but bakal menggantikan po sisi Daniel Craig di film James Bond . Walau begitu, dia mementah - kan rumor tersebut. Yang jelas, Richard sudah mengonfirmasi kalau dia bakal bergabung di proyek film MCU (Marvel Cinematic Universe).

Variety menyebutkan bahwa Richard akan berhadapan dengan lawan mainnya, Angelina Jolie, Dongseok Ma, dan Kumail Nanjiani. Kita tunggu saja akting Richard selanjutnya di film tersebut.

Sri noviarni