Edisi 24-05-2019
Segelintir Politisi Jujur di Dunia


Politik selama ini diidentikkan dengan dunia kotor penuh intrik dan korup. Namun fakta sejarah menyebutkan, di balik imej negatif itu masih ada segelintir politisi yang lebih memilih kejujuran sebagai pedoman serta memegang prinsip dalam tindakan dan perilakunya.

Siapa saja mereka?

ABRAHAM LINCOLN
Selama Lincoln menjabat sebagai Presiden, ia melewati berbagai krisis terutama krisis konstitusi dan militer. Jasa terbesarnya selama Perang Saudara adalah melanggengkan persatuan, menghapuskan perbudakan, memperkuat pemerintah nasional, dan modernisasi ekonomi. Ia juga kadang-kadang disebut "Honest Abe” untuk kemenangannya dalam Perang Sipil dan sifat kejujuranny

ARISTIDES
Aristides adalah seorang negarawan Athena Kuno dijuluki "Just," yang populer pada kuartal awal periode Athena kuno. Dia dikenal karena keahlian militer dalam Perang Persia, dan dipuji oleh Socrates dan Herodotus sebagai "manusia Athena terbaik dan paling terhormat yang pernah dilahirkan."

LUCIUS QUINCTIUS CINCINNATUS
Cincinnatus adalah bangsawan Romawi dan negarawan yang menjabat sebagai konsul pada 460 SM, dan autokrat pada 458 SM dan 439 SM. Di era itu ia menjadi teladan bagi kebajikan dan kesederhanaan. Senator Romawi ini berani menjalani kehidupan sebagai petani setelah kekayaan keluarganya hilang. Ia dipandang sebagai kiblat bagi para politisi Amerika Serikat, khususnya George Washington.

MARCUS AURELIUS
Marcus Aurelius, seorang Kaisar Romawi yang memerintah dari 161 M hingga 180 M. Dia memerintah bersama Verus Lucius sebagai co-kaisar sampai kematian dari Verus. Aurelius adalah yang terakhir dari Lima Kaisar Bijak, dan juga dianggap salah satu !lsuf Stoic paling penting. Menurut Herodian, Aurelius "memberikan bukti belajarnya bukan hanya dengan kata-kata belaka atau pengetahuan doktrin !loso!s tetapi dengan karakter tak bercela dan cara berprisip hidup.

GEORGE WASHINGTON
Washington menjabat sebagai Presiden pertama Amerika Serikat (AS) dan merupakan komandan-in-chief dari Continental Army selama Perang Revolusi. Dia memimpin konvensi yang merancang Konstitusi AS. Raja George III memanggilnya "the greatest character of the age." Pada saat kematian nya, Washington dipuji sebagai "yang pertama dalam perang, pertama dalam damai, dan pertama di hati bangsanya" oleh Henry Lee.

WILLIAM EWART GLADSTONE
Gladstone (29 Desember 1809 -19 Mei 1898) adalah seorang negarawan Liberal Inggris yang menjabat perdana menteri empat kali. Banyak reformasi yang dibuatnya termasuk disestablishment dari Gereja Irlandia, pengenalan suara rahasia, meningkatkan hak-hak hukum petani penggarap Irlandia dan UU Reformasi Ketiga. Ia dikenal dalam kejujuran !skal dan moral.

MAHATMA GANDHI
Mahatma ("Jiwa Besar") Gandhi atau Bapu ("Bapak Bangsa") adalah pemimpin nasionalisme India selama pendudukan Inggris. Melalui kepemimpinannya di Kongres Nasional India pada 1921, Gandhi memimpin kampanye nasional mengurangi kemiskinan, memperluas hak-hak perempuan, membangun persahabatan agama dan etnis serta meningkatkan kemandirian ekonomi. Semua itu untuk mencapai Swaraj - kemerdekaan India dari dominasi Inggris serta memimpin demonstrasi tanpa kekerasan.

SAMUEL ERNEST VANDIVER JR
Di luar Martin Luther Jr sebagai tokoh yang memperjuangkan hak-hak sipil dunia, ada seorang politisi yang juga berjasa memfasilitasi pelopor hak-hak sipil di dunia. Vandiver adalah salah satunya. Veteran Perang Dunia II ini pernah bertugas di United State Army Air Corps sebelum kemudian menjadi Gubernur ke-73 Georgia era 1959-1963. Seorang tokoh AS Joseph Quillian memuji integritas Vandiver selama memimpin yang dinilainya sebagai orang yang tidak pernah belajar untuk berbohong.

VACLAV HAVEL
Havel, seorang prajurit, dramawan, esais, penyair dan politikus pembangkang yang pernah menjabat sebagai Presiden terakhir Cekoslowakia dan Republik Ceko awal. Terkenal karena prinsip moral tentang "hidup dalam kebenaran," menjadikan Havel sebagai tokoh yang disegani. Havel terpilih sebagai Presiden Cekoslowakia menyusul Revolusi Velvet tahun 1989. sumber: toptenz.