Edisi 26-05-2019
Ramadan, Bulan Turunnya Alquran


BULAN Puasa mengajarkan kepada kita bahwa manusia ini dengan segala kelebihan yang dimilikinya tetap memiliki keterbatasan.

Salah satu keterbatasan itu adalah bahwa manusia kerap kali gagal dalam melihat apa tujuan hidupnya. Dan ketika manusia gagal dalam melihat apa tujuan hidupnya, maka itu yang diistilahkan dalam Alquran dalam kondisi d halal atau kesesatan.

Saya masih ingat seorang teman yang datang ingin belajar Islam, lalu saya tanya, “Kenapa Anda ingin belajar Islam?” Dia katakan “Saya marah pada diri sendiri”.

Lalu saya tanya “Kenapa anda marah pada diri sendiri?” Dia jawab, “Kok saya ini seperti mesin. Di pagi hari saya berangkat kerja, di malam hari saya kembali ke apartemen, saya tidak tahu, saya hanya seperti mesin yang berjalan.”

Lalu saya menangkap bahwa orang yang datang ke saya ini adalah orang yang sedang dalam “kesesatan”, orang yang tidak tahu tujuan hidupnya. Alhamdulillah saya persingkat cerita, dan menjelaskan kepada dia bagaimana Islam menuntun kita dan mengajarkan kepada kita tentang tujuan hidup yang sejati yaitu mengabdi kepada Allah, mencari rida Allah SWT.

Mendapatkan penjelasan tersebut akhirnya, orang itu masuk Islam, menjadi seorang muslim taat. Dan Alhamdulillah saat ini saudara kita itu, hidup dalam kebahagian.

Dia adalah seorang profesional, seorang yang berilmu, anak muda yang brilian, tapi ketika dia tidak dalam petunjuk Tuhan, maka hidupnya gersang dan hampa. Betapa banyak manusia di dunia ini yang mengalami kegersangan dan kehampaan itu.

Saya sebagai seorang muslim yang hidup di jantung kapitalisme dunia di Kota New York kerap kali melihat betapa banyak manusia bergelimang harta, bertempat tinggal di tempat-tempat mewah, tapi tidak merasakan ketenangan.

Kenapa? Sebab salah satunya mereka kehilangan the purpose of life atau tujuan hidup. Dan oleh karenanya puasa mengajarkan kepada kita bahwa tujuan hidup kita adalah pengabdian kepada Allah SWT.

Dan oleh karenanya diperlukan petunjuk dan petunjuk itu adalah Alquran dan di bulan Ramadan ini Allah turunkan Alquran. “Syahru romadhona-lladzi unzila fiihi-lqur- aanu huda-llinnaasi , “ bahwa di bulan Ramadan ini diturunkan Alquran untuk menuntun kita bagaimana kita menjalani hidup ini.

Dari mana, bagaimana kita bersikap dalam hidup ini, dan akan ke mana kita berjalan. Tanpa adanya hidayah, tanpa adanya Alquran, manusia akan mengalami kebingungan dalam hidup ini dan itulah yang kami sering saksikan di dunia barat ini, yang bergelimang kemajuan.

IMAM SAMSI ALI

Presiden Nusantara Foundation