Edisi 26-05-2019
Ide Awal dari Penghasil Bandeng dan Legen


Melegendanya nama RM Pak Elan diperoleh dengan perjuangan yang tidak mudah.

Rintangan serta tantangan menjadi bumbu bagi keluarga besar Elan. Salah satunya RM Bandeng Pak Elan Asli. Sebagai ahli waris, Anggara Afreido Yuda Mardikas perlu waktu lima tahun untuk berjuang mempertahankan usaha peninggalan keluarganya itu.

Beruntung, pria yang berprofesi sebagai pengacara tersebut punya ibu seperti Ninis Trisilowati. Dengan telaten dan sabar, Ninis membimbingnya. “Sebagai anak menantu, tujuan saya hanya berusaha mempertahankan yang sudah dirintis mertua,” kata Anggara Afreido alias Edo.

Menurut Edo, pendirian RM Bandeng Pak Elan punya sejarah yang panjang. Tidak asal rumah makan, tetapi sebagai bagian dari upaya untuk menggaungkan bahwa Gresik adalah penghasil bandeng dan legen.

Legen sendiri merupakan jenis minuman tradisional yang terbuat dari bagian pohon siwalan. Bandeng banyak ditemui di Kecamatan Manyar, Duduksampeyan, Bungah, Ujungpangkah, dan Cerme.

Sementara minuman legen banyak ditemui di Kecamatan Kebomas, Ujungpangkah, Panceng, dan Menganti. Menurut Edo, antara legen dan bandeng memang tidak ada hubungannya. Hanya, orang dulu ketika meminum legen kerap memerlukan tambul atau makanan pendamping.

“Dan, olahan bandenglah yang menjadi tambulnya legen. Maka itu, kakek kami ingin melestarikannya dengan cara membuka RM Bandeng Pak Elan. Sebagai menu minumannya, ada legen,” ujar Edo.

ashadi iksan